PSSI Imbau Suporter Tidak Bawa Atribut di Luar Sepakbola Koreo Save Rohingya dari Bobotoh (@footballindnews)

MerahPutih.com - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengimbau kepada seluruh suporter di tanah air untuk tidak membawa atribut di luar sepakbola saat mendukung tim kesayangnya di stadion.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, urusan sepakbola tidak boleh dicampuri dengan masalah lain di luar nilai-nilai olahraga. Untuk itu, ia mengajak masyarakat pecinta sepak bola di tanah air untuk bersama-sama menjaga marwah sepak bola Indonesia. Nilai-nilai dan pesan sportivitas dalam olahraga adalah roh yang harus digelorakan.

"Karena itu saya juga mengimbau kepada para supporter untuk tidak membawa atribut atau pesan-pesan yang tidak ada kaitannya dengan sepak bola atau olahraga saat menyaksikan pertandingan di stadion. Mari kita jaga bersama marwah sepak bola kita," kata Tisha dikutip laman resmi PSSI.

Wanita cantik itu merasa prihatin dengan masih banyaknya atribut atau pesan di luar sepak bola dan olahraga yang dibawa atau disampaikan para supporter di stadion. Terkait dengan hal ini, Tisha juga mengimbau kepada pihak klub untuk membantu mengedukasi para pendukungnya.

"Semua sudah diatur dalam kode disiplin. Penyampaian pesan atau atribut di luar sepak bola juga akan ada sanksinya," sambung Tisha.

Di Eropa, Glasgow Celtic mendapatkan denda 10.000 euro (sekitar Rp 145 juta) dari UEFA karena suporternya mengibarkan bendera Palestina ketika melawan dalam pertandingan kualifikasi Liga Champions melawan tim Israel, Hapoel Beer-Sheva, pada 18 Agustus 2016.

Dalam olahraga urusan politik, agama dan SARA, serta penyampaian pesan marketing pun dilarang dalam sepak bola.

"Untuk menjaga marwah sepak bola memang bukan pekerjaan yang ringan. PSSI yang sudah diberi mandat oleh masyarakat pun tidak bisa jalan sendirian. Harus ada dukungan dan kesadaran semua pihak. Sepak bola Indonesia bukan hanya milik PSSI. Sepak bola Indonesia milik masyarakat Indonesia. Karena itu harus kita jaga bersama-sama," tegasnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH