PSSI Gelar KLB 13 Juli 2019, Ini Tiga Agenda Utamanya

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 02 Mei 2019
PSSI Gelar KLB 13 Juli 2019, Ini Tiga Agenda Utamanya
PSSI

MerahPutih.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 13 Juli 2019. Dalam KLB ini akan dibahas tiga agenda utama, yakni revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan.

“Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya SG/nak/Ini tanggal 24 April 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA. PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya,” kata Plt. Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dilansir laman resmi PSSI, Kamis (2/5)

Saat ini, kata Iwan, FIFA tengah melakukan review revisi Statuta dan Kode Pemilihan. Hasil review rencananya akan dikirim pada tanggal 12 Mei 2019 dan PSSI akan membalasnya pada 30 Mei mendatang.

“Finalisasi bersama akan dilakukan pada 6 Juni 2019,” kata Iwan.

Sementara itu, nominasi nama-nama calon Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan akan diputuskan dalam Rapat Komite Eksekutif PSSI berikutnya.

FIFA menyarankan dalam suratnya bahwa Kongres Biasa pada Januari 2020, akan menjadi Kongres Biasa Pemilihan untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota. Komite Eksekutif baru yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun periode sampai tahun 2024.

“Komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai time line, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari Pengembangan pelatih dan pemain melalui FILANESIA dan Pengembangan Wasit. Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Piala AFC U16 dan U19. Karena itu, Kongres Biasa Pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020,” pungkasnya. (*)

#KLB PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan