Kesehatan Mental
Psikolog Ungkap Cara Manfaatkan Warna Pakaian Sesuai Mood Pilih pakaianmu sesuai dengan warna yang kamu inginkan untuk mewakili perasaan itu. (pxhere.com)

APAKAH kamu memiliki warna favorit yang ingin dikenakan? Berdasarkan teori psikologi warna, mengenakan warna-warna tertentu sebenarnya dapat meningkatkan mood.

Namun, tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua psikologi warna. Cara warna memengaruhi orang berkaitan dengan pengalaman dan persepsi individu. Meskipun ada bukti statistik yang menunjukkan bahwa warna seperti merah biasanya dipandang sebagai 'kuat' dan 'menarik', ini tidak berlaku untuk semua orang. Dengan kata lain, psikologi warna benar-benar unik untuk kamu.

BACA JUGA:

Ini 4 Tanda Kamu Terjebak dalam Pertemanan Sepihak

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang psikologi warna, berikut pendapat beberapa psikolog tentang bagaimana warna dapat memengaruhi suasana hati dan bagaimana cara kamu dapat menambahkan psikologi warna ke dalam hidup.

Peran Prinsip Evolusi dan Biologis

baju
Perhatikan warna mana yang menarik perhatian kamu dan perasaan apa yang mereka kemukakan. (123RF/deagreez)

Seperti dasar dari banyak hal dalam masyarakat, psikologi warna berakar pada evolusi. "Pada hewan dan manusia, merah dapat menunjukkan pelepasan hormon yang terkait dengan agresi dan berfungsi sebagai sinyal dominasi terhadap orang lain," kata Jennifer Hettema, PhD, Direktur Senior Klinis di LifeStance Health.

"Faktanya, banyak penelitian telah mendokumentasikan 'efek merah'. Atlet atau tim yang memakai warna merah tampaknya memiliki sedikit keunggulan jika dibandingkan dengan warna lain," ujarnya seperti diberitakan Real Simple.

Dengan menggunakan prinsip psikologi warna ini, mengenakan warna seperti merah mungkin bisa bermanfaat katika kamu membutuhkan tambahan kepercayaan diri, baik saat presentasi kerja besar atau kencan pertama.

Dari sudut pandang yang lebih psikologis, manusia dipengaruhi oleh konsep yang disebut kognisi terselubung. "Teori ini didasarkan pada gagasan bahwa pakaian kita dapat memengaruhi perasaan dan perilaku kita, dan oleh karena itu warna yang kita kenakan dapat memengaruhi suasana hati kita," kata Lee Chambers, seorang psikolog lingkungan yang berbasis di Inggris.

Pengalaman pribadi seseorang juga menentukan bagaimana mereka mengalami warna. Ada warna yang lebih umum yang cenderung disukai orang ketika mereka ingin membangkitkan perasaan tertentu: kuat dan penuh tenaga (merah, hitam, ungu tua), menyenangkan dan riang (oranye, kuning, hijau cerah), dan sedih (abu-abu). Namun, seringnya, warna akan memiliki arti yang berbeda bagi orang-orang berdasarkan kehidupan dan pengalaman mereka sendiri.

"Afinitas pribadi kita untuk warna tertentu mungkin terkait erat dengan budaya dan/atau pengalaman hidup kita, jadi pengalaman kamu mungkin tidak termasuk dalam norma khas 'merah membuat saya merasa kuat' dan 'biru membuat saya merasa tenang,'" kata Bethany Cook, PsyD, psikolog klinis berlisensi.

Asosiasi dapat dibuat antara warna-warna tertentu jika seseorang memiliki pengalaman yang kuat atau berulang dengannya, kata Hettema, "Misalnya, rawat inap berulang di mana semua staf medis mengenakan warna biru tertentu, warna itu mungkin menghasilkan perasaan negatif seperti ketakutan atau kecemasan."

Di ujung spektrum yang berlawanan, jika seseorang memiliki pengalaman positif dengan seseorang dengan rambut merah muda, mereka mungkin memiliki ketertarikan terhadap warna merah muda dan memiliki perasaan positif yang terkait dengannya.

Menambahkan Psikologi Warna dalam Hidup

baju
Pengalaman pribadi seseorang juga menentukan bagaimana mereka mengalami warna. (123RF/ninamalyna)

Hal yang indah tentang psikologi warna adalah dapat dieksplorasi dan selalu berubah. Satu langkah mudah untuk mengenali warna mana yang meningkatkan mood dan mana yang tidak adalah sederhana: amati warna.

Saat menjalani hari, perhatikan warna mana yang menarik perhatian kamu dan perasaan apa yang mereka kemukakan. Baik itu lukisan atau pakaian, mulailah dengan lebih memperhatikan apa yang kamu sukai, tergantung pada suasana hatimu dan bagaimana perasaanmu.

"Lihat gambar, pergi ke museum seni, dan benamkan diri dalam warna. Pergi ke toko dan coba berbagai warna, pilih warna yang biasanya tidak kamu pilih. Lihat ke cermin dan lihat bagaimana perasaan kamu pada setiap tampilan," kata Cook.

"Setelah kamu memiliki kesadaran akan biasmu sendiri untuk warna, tanyakan pada diri sendiri apa yang kamu "butuhkan" untuk hari ketika kamu bangun di pagi hari: kekuatan, ketenangan, kesabaran, atau energi. Dari sana, pilih pakaianmu sesuai dengan warna yang kamu inginkan untuk mewakili perasaan itu," dia menjelaskan.

Setelah kamu memiliki gagasan tentang warna apa yang meningkatkan suasana hati, pantau terus. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan panduan warna pribadi. "Membuat panduan warna pribadi untuk diri sendiri adalah aktivitas yang dapat membantu kamu mulai membangun lemari pakaian berbasis warna yang mendukung dan mendorongmu saat berpakaian, di mana pun suasana hati saat itu," tutup Chambers.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
WhatsApp Kena Semprot Konsumen Eropa
Hiburan & Gaya Hidup
WhatsApp Kena Semprot Konsumen Eropa

Keberatan itu berkaitan dengan penonaktifan layanan bagi pengguna yang tak melakukan pembaruan.

Lika-liku Perjuangan Penyelenggaraan COE Indonesia 2021
Fun
Lika-liku Perjuangan Penyelenggaraan COE Indonesia 2021

Pihak penyelenggara harus melewati beberapa tantangan untuk mengadakan COE di Indonesia.

'Station Eleven', Serial Pascaapokaliptik tentang Pandemi Flu
ShowBiz
'Station Eleven', Serial Pascaapokaliptik tentang Pandemi Flu

Didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Emily St John Mandel.

'Fearless (Taylor’s Version)' Guncang Platform Streaming
ShowBiz
‘Kadet 1947’ Ajak Anak Muda makin Cinta Tanah Air
ShowBiz
‘Kadet 1947’ Ajak Anak Muda makin Cinta Tanah Air

Kadet 1947 menceritakan tentang perjuangan anak muda melawan Belanda di 1947.

Pastikan Tidur Berkualitas agar Mimpi Indah
Fun
Pastikan Tidur Berkualitas agar Mimpi Indah

Jika mendapatkan mimpi yang menyenangkan tentunya saat bangun kita akan mendapatkan energi yang positif untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Kalung Mirip Kabel Telepon dari Bottega Veneta
Fashion
Cumi-Cumi Jadi Perintis Perjalanan Panjang Luar Angkasa
Fun
Cumi-Cumi Jadi Perintis Perjalanan Panjang Luar Angkasa

NASA dikabarkan akan mengirim ratusan bayi cumi-cumi bercahaya dan ribuan tardigrade ke luar angkasa

Kriteria Olahraga Tepat untuk Tingkatkan Imunitas di kala Pandemi COVID-19
Fun
Kriteria Olahraga Tepat untuk Tingkatkan Imunitas di kala Pandemi COVID-19

Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh baik sebelum maupun di saat pandemi.

Powerslaves Rilis Buku Biografi Rekam Jejak 30 Tahun
ShowBiz
Powerslaves Rilis Buku Biografi Rekam Jejak 30 Tahun

Memaparkan kisah seru yang belum pernah diungkap dari Powerslaves.