Kesehatan Mental
Psikiater Bongkar Soal Kesehatan Mental di Lagu 'Magic Shop' Milik BTS Psikiater bedah teknik psikologis dalam lagu terbaru BTS (Foto: YouTube/Dr. Friends)
"SAYA tidak akan mengatakan hal-hal klise seperti punya kekuatan," demikian terjemahan dari penggalan lagu Magic Shop dari BTS yang terdengar getir namun paling disukai penggemar.

Alih-alih menggunakan untaian lirik klise, lagu tersebut memang fokus pada penggunaan teknik psikologis yang bisa digunakan untuk membantu orang-orang yang berjuang dengan kesehatan mental mereka.

Baca juga:

Resmi, BTS Rilis Tanggal Album 'BE'

Psikiater Korea Selatan, Dr. Oh Jinseung menganalisis bagaimana Magic Shop menguak wawasan seputar kesehatan mental.

Seperti yang mungkin diketahui beberapa ARMY, lagu Magic Shop diadaptasi dari memoar ahli bedah saraf Amerika, James Doty berjudul Into the Magic Shop.

Dr. Oh yang menyukai lagu BTS itu pun memutuskan untuk membaca buku tersebut untuk memberikan analisis terbaik kepada penggemar.

Ia menjelaskan bahwa James Doty menjalani kehidupan keluarga yang sulit ketika dia masih muda. Namun ia berhasil mengatasi pergumulannya dengan bantuan seorang teman yang mengatakan kepadanya, “Bayangkan apa yang benar-benar kamu inginkan dan deskripsikan gambaran yang jelas tentang itu”.

Psikiater Bongkar Soal Kesehatan Mental dalam Lagu 'Magic Shop' dari BTS
Lagu terbaru BTS, Magic Shop Gunakan Teknik Psikologis (Foto: Naver x Dispatch)

"Teruslah bertanya pada diri sendiri ingin menjadi orang seperti apa, lalu, kamu bisa menjadi orang seperti itu," ujar Dr. Oh Jinseung memparafrasekan Into the Magic Shop.

Dalam Into the Magic Shop, Doty menjelaskan bagaimana seorang perempuan yang menjalankan sebuah toko sulap mengajarinya latihan untuk meringankan penderitaannya ketika dia masih kecil.

Dr. Oh kemudian menjelaskan bahwa buku tersebut berpusat pada bagaimana meditasi dan perhatian, yang merupakan topik umum dalam psikiatri dapat menyembuhkan luka mental.

"Buku ini memberitahumu untuk memutuskan lingkaran setan itu dan menuntutmu untuk terus berpikir bahwa dirimu adalah makhluk yang sangat berharga yang pantas mendapatkan cinta, dan bahwa kamu mampu menjadi sesuatu yang lebih besar," jelasnya.

Baca juga:

Lihat Kembali Momen Spesial BTS Week Tonight Show Starring Jimmy Fallon

Menurut Dr. Oh, tema buku itu tercermin pula dalam lagu BTS, " Magic Shop". "Di atas itu semua, Magic Shop juga merupakan bagian dari teknik psikoterapi yang biasa digunakan bernama psychodrama," tuturnya. Psikodrama melibatkan bermain peran untuk membantu pasien mengatasi trauma mereka melalui rutinitas Magic Shop.

Selama latihan, psikiater seperti Dr. Oh berperan sebagai pemilik toko sulap di mana pasien dapat 'membeli' sifat-sifat positif dengan “menjual” ketakutan, kekhawatiran, dan hal-hal negatif mereka.

"Sebelum memulai psikodrama dan melihat ke dalam dirimu, Magic Shop adalah langkah awal untuk masuk ke dalam hatimu. Itulah yang saya rasakan saat mendengarkan lagu tersebut," terang Dr. Oh Jinseung.

Analisis tersebut mengacu pada satu lirik yakni "Hari-hari ketika kamu membenci bahwa kamu adalah dirimu. Mari kita membuat pintu di hatimu".

Dr. Woo Chan-guk dan spesialis THT Dr. Lee setuju bahwa lagu BTS adalah lagu pemulihan yang tepat ketika kamu sedang merasa harga dirimu rendah.

"Di ruang yang disebut Magic Shop ini, kamu dapat minum teh, mengobrol, melihat ke langit, bersantai. Kamu bisa berbicara tentang dirimu sendiri," ujar Dr. Woo Chan-guk.

Psikiater Bongkar Soal Kesehatan Mental dalam Lagu 'Magic Shop' dari BTS
Cara BTS sentuh hati penggemar lewat lagu (Foto: Naver x Dispatch)

Dr. Oh juga memahami makna di balik kalimat, "Saya tidak berpikir saya ingin menjadi yang terbaik atau saya ingin menjadi kenyamanan seseorang". "Tokoh utama dari lagu tersebut menjadi orang sukses bukan untuk ketenaran dan uang, tetapi untuk menyentuh hati orang," urai Dr. Oh

Hal tersebut, menurut psikiater, berkaitan dengan wawasan lain tentang kesehatan mental. Apalagi di tengah wabah pandemi, ia menemukan bahwa orang yang percaya pada kekuatan altruisme pulih dari trauma mereka lebih cepat daripada yang lain.

Dr. Oh juga meyakini bahwa dalam perjalanan karirnya, BTS mungkin telah menggunakan teknik yang sama dengan Magic Shop dalam perjalanan menuju kesuksesan.

"Alih-alih berharap untuk sukses, mereka menyadari apa yang sebenarnya mereka inginkan adalah untuk menghibur penggemar mereka dan menyentuh hati mereka," yakinnya.

"Saya pikir penulis lagu bermaksud masuk ke dirimu sendiri melalui Magic Shop dan mencari tahu ketidaksadaran Anda, dan mencari tentang orang seperti apa kamu dan hal-hal apa yang kamu inginkan," tukas Oh Jinseung. (avia)

Baca juga:

BTS Berpidato di Sidang Umum PBB

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
‘Brigderton’ Musim Kedua Mulai Tahap Produksi
ShowBiz
‘Brigderton’ Musim Kedua Mulai Tahap Produksi

Sayangnya Rege-Jean Page tak lagi berperan sebagai Duke of Hastings.

Begini Caranya Agar Cat di Rambut Awet
Fun
Begini Caranya Agar Cat di Rambut Awet

Mengapa cat rambut cepat pudar?

Wild Rift South East Asia Icon Series 2021 Dimulai Akhir Februari
Fun
Wild Rift South East Asia Icon Series 2021 Dimulai Akhir Februari

Akan menghadirkan para kandidat dari Asia Tenggara.

Taylor Swift Tarik Album ‘Fearless’ dari Grammy Awards
ShowBiz
Taylor Swift Tarik Album ‘Fearless’ dari Grammy Awards

Tidak akan mengirimkannya dalam kategori apa pun.

Respons Kucing Rindu Pemiliknya
Fun
Respons Kucing Rindu Pemiliknya

Ada masa di mana kucing juga merindukan pemiliknya saat mereka berjauhan.

Warisan Phil Spector di Lagu Para Legenda Musik
ShowBiz
Warisan Phil Spector di Lagu Para Legenda Musik

Phil Spector adalah salah satu produser rekaman yang dikenal sebagai pionir ‘wall of sound’ dalam genre pop.

Pertama di Tiongkok, Universal Studios Beijing
Fun
Pertama di Tiongkok, Universal Studios Beijing

Ada banyak wahana seru di Universal Studios Beijing.

4 Aktris K-Drama ini 'Ditemukan' di Jalanan Sebelum Terkenal
ShowBiz
4 Aktris K-Drama ini 'Ditemukan' di Jalanan Sebelum Terkenal

Sejumlah aktris cantik K-Drama ditemukan melalui casting di jalanan.

Kostum 'Batwoman' Terungkap
ShowBiz
Kostum 'Batwoman' Terungkap

Javicia Leslie akan melanjutkan debut Batwoman dengan kostum barunya.

[HOAKS atau FAKTA] 11 Tetes Minyak Kayu Putih Bisa Cegah COVID-19
Fun
[HOAKS atau FAKTA] 11 Tetes Minyak Kayu Putih Bisa Cegah COVID-19

Pesan tersebut juga mencantumkan takaran minum dan pengolahan bahan-bahan herbal tersebut.