PSI Usul Debat Capres Soal Warisan Orba, TKN Tidak Masalah Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding memberikan keterangan pers di Posko Cemara, Jakarta (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menyambut positif usulan Debat Capres/Cawapres yang mengangkat tema seputar warisan Orde Baru (Orba).

Menurutnya, debat tersebut dinilai perlu agar generasi milenial tidak lupa sejarah Orba lengkap dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

"Saya kira tidak apa-apa itu diperdebatkan, didalogkan kembali agar masyarakat tidak lupa sejarah, anak-anak milenial ini paham bahwa Indonesia hari ini tertinggal, karena korupsi dan penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Orba selama 32 tahun," kata Karding di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12).

Sebelumnya, usulan ini dimunculkan Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni saat merespon polemik Soeharto Guru Korupsi yang diucapkan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Akibat pernyataan tersebut Basarah pun dipolisikan.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni
Sekjen PSI, Raja Juli Antoni. (Foto: Dok.psi.id)

"Jadi menurut saya diskusi tentang praktek kekuasaan, korupsi, kepemimpinan itu harus digelorakan dan didiskusikan bukan kembali ke masa orba tetapi itu penting bagi kita agar ini menjadi pendidikan bagi kita," ucap Karding.

Politisi PKB itu menambahkan dengan adanya diskusi atau debat ini, masyarakat juga akan tercerahkan dengan membandingkan kehidupan terkini dengan jaman orba.

"Saya sebagai aktivis tahun 92-98 merasakan keadaan yang cukup jauh dibanding hari ini, kita nyaman apa saja dibicarakan bahkan haoks aja kadang-kadang gak ditangkap. Jadi menurut saya gak masalah," tutupnya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hashim Djojohadikusumo Ajak Penyandang Disabilitas untuk Tidak Golput di Pilpres 2019

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH