PSI Siapkan 40 Ribu KTP Dukung Gibran di Pilwalkot Solo Lewat Jalur Independen Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan terkait spanduk dukungan yang muncul di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Jawa Tengah mendukung putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wali kota (cawali) di Pilwakot Solo 2020, baik melalui jalur partai ataupun independen.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan kesiapan PSI mencarikan kartu tanda penduduk (KTP) kepada Gibran agar maju jalur independen sebagai calon wali kota (cawali) Solo jika tidak jadi diusung DPC PDIP Solo.

Baca Juga

Resmi Jadi Kader PDIP, Gibran Ngaku Bentuk Tim Khusus Anak Muda untuk Pilwakot Solo

Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yogo Prabowo, mengatakan PSI sebagai partainya anak muda sudah pasti akan mendukung Gibran di Pilwakot Solo tahun depan. Munculnya Gibran sudah pasti menjadi kabar baik bagi milenial di Solo.

"Kami mengalami kendala jika mengusung Gibran sendirian. PSI sebagai partai pendatang baru di DPRD Solo hanya punya satu kursi. Butuh sembilan kursi untuk bisa mengusung cawali dan cawawali di Pilwakot Solo," ujar Yoga saat ditemui Merahputih.com usai kegiatan potong rambut mirip Gibran di CFD Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/9).

Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yogo Prabowo memberikan keterangan terkait kesiapan PSI mendukung Gibran maju di Pilwakot lewat jalur independen di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/9). (MP/Ismail)
Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yogo Prabowo memberikan keterangan terkait kesiapan PSI mendukung Gibran maju di Pilwakot lewat jalur independen di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/9). (MP/Ismail)

Dia mengatakan ada dua jalan alternatif yang ditempuh PSI di Pilwakot Solo. Jalan pertama bergabung dengan PDIP Solo jika benar-benar mengusung Gibran sebagai cawali. Alternatif kedua adalah mendukung Gibran maju lewat jalur independen dengan membantu mencarikan Gibran 40.000 KTP sebagai syarat dukungan ke KPU Solo.

Baca Juga

Resmi Jadi Kader PDIP, Gibran Tanya Syarat Daftar Pilwalkot Solo 2020

"Kami siap menggalang dukungan pada Gibran di jalur independen. Mengumpulkan 40.000 KTP sebagai syarat dukungan ke KPU Solo optimistis bisa kita lakukan," kata dia.

Ia mengungkapkan 40.000 KTP merupakan batas aman kalau nanti saat verifikasi KPU ada yang tidak sesuai. Sebelum itu dilakukan, PSI masih menunggu hasil rekomendasi cawali dan cawawali dari PDIP.

Putra sulung Jokowi saat mendaftarkan diri sebagai Kader PDIP
Gibran Rakabuming Raka saat membuat KTA PDIP di kantor DPC PDIP Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9) (MP/Ismail)

"Gibran telah resmi jadi kader PDIP dengan membuat KTA sebagai syarat maju di Pilwakot. Namun, sejauh ini belum ada perkembangan jadi atau tidaknya Gibran ambil formulir pendaftaran," kata dia

Baca Juga

Golkar Berpeluang Usung Gibran di Pilwalkot Solo

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH