PSI Sebut Rumah DP 0 Rupiah Bukan Kerjaan Gubernur, Tapi Wali Kota Juru Bicara DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest (MP/Asropih)

Merahputih.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti program Rumah DP 0 Persen andalan Anies-Sandi saat kampanye Pilkada 2017.

Menurut Juru Bicara DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest, program Rumah DP 0 Persen bukanlah pekerjaan Gubernur, melainkan sekelas Wali Kota.

Baca Juga

Pemprov DKI Tinggal Selesaikan Fasilitas Sarana Rumah DP 0 Rupiah

"Ini (Rumah DP 0 Persen) bukanlah pencapaian untuk lingkup tingkat Gubernur. Ini tidaklah beda dengan lingkup kerja Wali Kota," kata Rian Ernest kepada MerahPutih.com, Rabu (16/10).

Sebab, hanya 1.790 warga yang benar-benar menikmati janji Rumah DP 0 Rupiah yang sempat menjadi mimpi besar warga Jakarta. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 menyebutkan bahwa hampir setengah warga DKI Jakarta atau sekitar lima juta warga tidak memiliki rumah.

"Angka ini menurut kami terlalu kecil," cetus Rian Ernest.

Rumah DP 0 Rupiah
Banner Rumah DP 0 Persen. Foto: Poskota

Selain dari pencapaian yang begitu kecil, lanjut Rian, banyak warga yang mengeluh bahwa harga rumah DP 0 Rupiah tersebut tak terjangkau bagi warga kalangan menengah ke bawah. "Sebab, Pemprov mensyaratkan penghasilan suami dan istri di kisaran Rp 4 juta sampai Rp 7 juta untuk lolos verifikasi," jelasnya.

Setidaknya ada 23 janji Anies-Sandi saat kampanye pada tahun 2017 lalu. Salah satunya program Rumah DP 0 Persen.

Baca Juga

Program DP 0 Rupiah Laris, Pemprov DKI Buka Gelombang Kedua

Setelah itu PSI menyoroti soal sektor lapangan kerja. Anies dulu berjanji untuk membuka kesempatan bekerja yang lebih luas dengan angka penyerapan kurang lebih 40.000 tenaga kerja per tahun.

Semestinya di dua tahun masa kerja Gubernur Anies Baswedan ini dapat menciptakan 80.000 tenaga kerja. "Kita tidak dapat cek sejauh mana janji tersebut terpenuhi. Tidak ada kejelasan maupun angka yang transparan bagaimana progres yang dicapai Anies untuk hal ini," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH