PSI Kritik Soal Situs PPDB Eror, Apa Gunanya Jakarta Smart City dan TGUPP?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 07 Juni 2021
PSI Kritik Soal Situs PPDB Eror, Apa Gunanya Jakarta Smart City dan TGUPP?
Uji coba pembelajaran tatap muka pada hari pertama di SD Negeri Kenari 08 Pagi, Jakarta, Rabu (7/4/2021). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.)

MerahPutih.com - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengkritik Dinas Pendidikan (Disdik) dalam pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022.

Selama proses pendaftaran di situs resmi PPDB https://ppdb.jakarta.go.id/#/, siswa atau orang tua mengalami kendala.

Sering erornya website PPDB DKI disayangkan anggota PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. Pelaksanaan masuk sekolah lewat online bukan kali ini saja dilakukan, hanya saja kesulitan mengakses situs PPDB DKI terus terjadi.

Baca Juga:

Hari Pertama PPDB DKI, Masyarakat Keluhkan Website Sulit Diakses

"Padahal permasalahan yang sama pernah terjadi sebelumnya," kata Anggara saat dikonfirmasi awak media Senin (7/6).

Seharusnya, kata Wakil Ketua Komisi E DPRD ini, Pemprov DKI sudah bisa mengantisipasi hal tersebut dan belajar dari pengalaman. Selain itu, dengan APBD DKI yang besar, menurutnya, permasalahan internet bisa ditangani dengan baik.

Apalagi, Pemprov DKI memiliki Jakarta Smart City yang mempunyai pemahaman digital yang mempuni dan ada Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), yang dirasa dapat membantu permasalahan di ibu kota.

"Memungkinkan mereka untuk memberikan saran dan supervisi pelaksanaan PPDB sehingga permasalahan sama tidak berulang," ungkap dia.

PPDB DKI. (Foto:ppdb.jakarta.go.id)
PPDB DKI. (Foto:ppdb.jakarta.go.id)


Untuk itu, Anggara meminta, Pemprov DKI untuk secepatkan melakukan perbaikan kinerja dengan melakukan perkuatan server, penyediaan tenaga pendukung di bidang digital yang bisa siap siaga dalam perbaikan server jika alami gangguan. Serta melakukan sosialisasi secara masif mengenai mekanisme tahapan pendaftaran PPDB DKI.

"Jangan sampai mimpi anak Jakarta untuk bersekolah di sekolah negeri pupus hanya karena Pemprov DKI tidak memperbaiki sistem teknologi informasi yang mereka punya," ujarnya.

Baca Juga:

Sistem Online PPBD Buat Kecewa Orang Tua Murid

Seperti diketahui, sejumlah siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan mengakses laman pendaftaran online yang dibuka di situs resmi PPDB DKI https://ppdb.jakarta.go.id/#/.

Hal itu dapat dilihat dari komentar warga internet di kolom komentar unggahan akun Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) DKI pada Senin (7/6).

Postingan Disdik terkait mekanisme tahapan pelaksanaan PPDB daring tahun pelajaran 2021/2022 yang diunggah sekitar pukul 10.00 WIB lalu langsung diserbu warga internet. (Asp)

Baca Juga:

Pimpinan DPRD Dukung Pemprov DKI Lanjutkan Uji Sekolah Tata Muka

#DKI Jakarta #Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) #PSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan