PSI Keberatan Pemprov DKI Beli Mobil Robot Damkar Seharga Rp40 Miliar Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI William Aditya Sarana (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyayangkan Pemprov DKI melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta membeli dua unit mobil robot pemadam kebakaran seharga Rp40 Miliar.

Dua mobil robot damkar itu yakni berjenis MVF5-U3 seharga Rp32 miliar yang dibeli dari Kroasia dan LUF60 dengan harga Rp8 miliar dari negara Austria.

Baca Juga:

Operator Remote Control Dua Mobil Robot Damkar DKI Miliki Linsensi Internasional

Menurut anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana, seringkali Pemprov DKI membeli barang dengan harga selangit tapi tidak maksimal digunakan.

"Peralatan mahal yang dibeli pemprov seringkali tidak dipake," kata William saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/2).

Mobil robot pemadam kebakaran DKI dikendalikan melalui remote control
Petugas Damkar DKI mengoperasikan mobil robot dengan menggunakan remote control (MP/Asropih)

William menjelaskan, partainya sempat melontarkan keberatan dengan pengadaan dua alat baru mobil robot damkar dalam rapat komisi dan badan anggaran (banggar) DPRD DKI.

"Dan PSI waktu itu sudah menyampaikan kepada rapat banggar dan rapat komisi juga bahwa kami sebenarnya keberatan dengan pengadaan mobil itu," papar dia.

Harusnya, kata William, Pemprov DKI harus merupah pola kerja dari petugas pemadam kebakarannya. Misal biasanya petugas damkar sampai lokasi kebakaran 15 menit, ini harus bisa dalam waktu 5 menit.

"Nah kalau menurut saya seharusnya lebih fokus kepada respon dari damkar ini lebih dipush lagi. Karena sekarang kita 15-10 menit (baru sampe pas kebakaran), kalau bisa jadi 5 menit," tutur dia.

Seperti diketahui, Pemprov DKI melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta membeli dua mobil robot pemadam kebakaran seharga Rp40 Miliar.

Pertama robot damkar MVF5-U3 seharga Rp32 miliar yang dibeli dari negara Kroasia dan LUF60 dengan harga Rp8 miliar dari Austria.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Satriadi Gunawan mengatakan, fungsi mobil robot berjenis MVF5-U3 digunakan untuk mengurai material kebakaran bersekala besar. Alat ini diproyeksikan di kereta LRT dan MRT.

Baca Juga:

Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran Rp37,4 M, Ini Manfaatnya

Kemudian lanjut Satriadi, untuk mobil robot LUF60 sistem kerjanya yaitu mengurai asap kebakaran dan memadamkan kobaran api. Kelebihan robot ini bisa masuk ke gang-gang kecil perkampungan warga.

"Tadi kalau kita lihat LUF60 itu bisa masuk ke gang-gang kecil. Dia bisa menyedot asap dan pemadaman juga," tandas Satriadi.(Asp)

Baca Juga:

Kebakaran Tempat Karaoke di Jatinegara, Puluhan Petugas Damkar Diterjunkan

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH