PSI Beri Respons setelah Jokowi-Anies Cek Sirkuit Formula E

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 27 April 2022
PSI Beri Respons setelah Jokowi-Anies Cek Sirkuit Formula E
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Sirkuit Formula E, Senin (25/4), di Ancol. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

MerahPutih.com - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta merespons kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan, tinjauan orang nomor satu di Jakarta itu merupakan hal yang wajar. Menurutnya, kunjungan tersebut tidak berarti penyelenggaraan Formula E bebas dari masalah.

Baca Juga

Soal Formula E, KPK Ingatkan APBD tak Boleh Dipakai untuk Bisnis

"Wajar jika Pak Jokowi sebagai presiden datang ke sirkuit Formula E karena ini merupakan kegiatan bertaraf internasional. Beliau harus memastikan bahwa acara ini siap dan tidak membuat malu Indonesia di mata dunia. Namun, bukan berarti Formula E bebas dari masalah," kata Anggara di Jakarta, Rabu (27/4).

Anggara mengatakan bahwa Fraksi PSI akan terus menagih penjelasan dari penyelenggaraan Formula E yang masih meninggalkan banyak tanda tanya.

"Kita akan terus mengawal berbagai ketidakjelasan dari penyelenggaraan Formula E mulai dari penggunaan uang APBD sebesar Rp 560 milliar hingga studi kelayakan yang belum direvisi sesuai rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini patut untuk terus dipertanyakan bahkan saat Formula E-nya sudah terselenggara nanti, tidak akan menghilangkan tanggung jawab dari Pak Gubernur Anies," tambah Anggara.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta (kanan) berkeliling sirkuit Formula E Jakarta, Senin (5/4/2022). ANTARA/Formula E Jakarta/Imam Sjafei/Dewa
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta (kanan) berkeliling sirkuit Formula E Jakarta, Senin (5/4/2022). ANTARA/Formula E Jakarta/Imam Sjafei/Dewa

Anggara justru menyarankan sebaiknya Gubernur Anies bersedia untuk memberikan penjelasan selengkap mungkin sebelum Formula E terselenggara.

"Baiknya Pak Anies datang dan jawab dulu segala pertanyaan di forum interpelasi agar tidak ada beban dalam penyelenggaraan Formula E yang tinggal kurang dari dua bulan lagi. Belum lagi masa jabatan Pak Anies mau juga mau berakhir, jangan tinggalkan masalah di DKI Jakarta," tutup Anggara.

Baca Juga

Kehadiran Jokowi di Sirkuit Formula E Jadi Sinyal Dukung Anies di Pilpres 2024?

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau lokasi sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (25/4).

Jokowi terlihat mengenakan pakaian kemeja putih dan celana hitam. Sedangkan Anies mengenakan baju dinas berwarna cokelat dan rompi biru bertulis Jakarta.

Jokowi menyampaikan, kedatangannya ke lintasan Formula E untuk melihat progres dan sejauh mana persiapan perhelatan ajang tersebut yang akan digelar pada 4 Juni mendatang.

"Ya saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan," ucap Jokowi di Jakarta Utara, Senin (25/4).

Jokowi menuturkan, untuk lintasan balapan sudah siap secara keseluruhan. Namun, tinggal dikejar pembangunan pada paddock dan grandstandnya.

"Masih ada waktu habis lebaran, dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," tuturnya. (Asp)

Baca Juga

Jokowi Tinjau Sirkuit Formula E, M Taufik: Bukti Setuju

#Formula E #PSI #Presiden Jokowi #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan