Inspirasi

PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 12 Januari 2021
PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’
Tetap bisa menikmati suasana liburan di rumah. (Foto: Unsplash/Kelsey Dody)

KONDISI pandemi COVID-19 ini mungkin sulit diterima, terutama bagi mereka yang ingin bepergian. Tapi coba lihat dari sisi lain, kamu jadi punya lebih banyak waktu bersama keluarga di rumah dan uang yang tadinya dipakai untuk liburan bisa ditabung.

Meskipun di rumah saja, kamu tetap bisa lho mendapatkan vibes liburan bersama orang-orang terdekat. Mengutip ANTARA, berikut ide untuk mengubah suasana rumah jadi seperti staycation.

Baca juga:

Staycation di Hotel Mewah Cara Manjakan Diri di Akhir Tahun

1. Siapkan tempat

PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’
Coba anggap rumahmu sebagai penginapan dan bersantailah sedikit. (Foto: Unsplash/Outsite Co)

Salah satu kegiatan yang bikin kamu malas adalah, menjadi “korban” beberes ini dan itu. Jadi, coba anggap rumahmu sebagai penginapan dan bersantailah sedikit meski ada keinginan untuk merapikan benda-benda yang berserakan.

Mengutip laman SMH, Coach Wellness Melbourne, Lyndall Mithcell, mengatakan mungkin ada baiknya mempertimbangkan beberapa hari “persiapan liburan” pada minggu-minggu menjelang atau hari pertama liburan. Entah itu merapikan barang, membersihkan kulkas, membersihkan halaman, dan kerjakan tugas yang biasanya kamu lakuakn sebelum liburan.

“Kapanpun saya liburan, sebelumnya saya sudah bersihkan kulkas, kosongkan tempat sampah, dan semua sudah rapi,” paparnya.

Kamu juga bisa menata ulang furnitur untuk membuat rumah terasa seperti resort. Coba letakkan kursi berlengan yang empuk di dekat jendela, buat pojok untuk yoga, tambah tanaman hias baru di dalam rumah, dan lilin aromaterapi.

2. Berpikir seperti turis

PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’
Berpikir seperti turis. (Foto: Unsplash/Ralp Kayden)


Banyak dari kita yang pergi jauh-jauh, tapi jarang menyambangi keindahan di dekat rumah. Coba cari tempat menarik di dekat rumah, entah itu taman, gunung atau pantai. Manfaatkan momen ini untuk mencari tempat indah yang selama ini tak terlilhat di sekitarmu.

Baca juga:

Ciptakan Momen Liburan Tak Terlupakan dengan Staycation

3. Cari makanan yang berbeda

PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’
Kreasikan dengan masakan yang berbeda. (Foto: Unsplash/Stephanie McCabe)


Mungkin kamu belum bisa makan pasta di Italia atau sushi di Jepang, tapi kamu bisa menikmati itu di rumah. Coba putar musik ikonik dari tujuan liburan yang sesuai dengan keinginanmu, tonton pemandangan indah dari tempat yang ingin dituju di layar televisi, kemudian santap makanan lezat yang sudah disiapkan.

4. Manjakan indera

PSBB Kembali Diterapkan, Ubah Rumahmu Jadi Nuansa ‘Staycation’
Manjakan inderamu dengan nuansa liburan di rumah. (Foto: Unsplash/Jarek Ceborski)


Perjalanan yang tak terlupakan biasanya akan menggelitik semua inderamu, jadi pertimbangkan untuk memasukan aroma, rasa, pemandangan, hingga suara ke dalam staycation ciptaanmu. Cobalah membuat pengalaman sensorik baru, misalnya menciptakan resep minuman khas dari tujuan liburan impian.

Atau kalau kamu biasanya mampir ke tempat spat setiap liburan, coba manjakan diri sendiri tanpa harus pergi ke luar rumah. Pakai jubah mandi, nyalakan lilin aromaterapi, pasang musik rileksasi, dan pakai masker wajah. (and)

Baca juga:

Staycation di Rumah Aja? Kenapa Enggak

#Travel #Traveling #Travelling #Traveling Cerdas #Wisata #Wisatawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan