Proyek Tol Terpanjang di Selatan Jawa Dilelang Ulang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 18 Januari 2023
Proyek Tol Terpanjang di Selatan Jawa Dilelang Ulang
Pembangunan Tol. (Foto: PUPR)

MerahPutih.com - Konektivitas ke daerah selatan Jawa Barat saat ini diklaim makin lama makin menurun karena kepadatan lalu lintas, seperti sekarang dari Tasikmalaya ke Bandung yang jaraknya hanya 100 km bisa mencapai 3 jam.

Kondisi ini membuat kebutuhan akan jalan bebas hambatan di wilayah selatan. Padahal, kawasan tersebut telah tumbuh berbagai pusat-pusat pertumbuhan, namun konektivitasnya masih kurang bagus.

Baca Juga:

Konstruksi Tahap Pertama Tol Gedebage-Cilacap Mulai Akhir 2022

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan lelang ulang terhadap proyek pembangunan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci), yang akan menjadi jalan tol terpanjang di jalur selatan Jawa.

"Proyek pembangunan Jalan Tol Getaci akan kita lelang ulang. Kita sudah mulai proses lelang ulang ini di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.

Hedy mengatakan, alasan dilakukannya lelang ulang tersebut karena tidak terjadinya penandatanganan perjanjian dukungan pembiayaan perbankan atau financial close.

"Dilelang ulang karena secara kontrak statusnya default," katanya.

Dengan demikian target konstruksi Tol Getaci akan mundur. Namun, Hedy memastikan pengadaan lahan untuk jalan tol tersebut tetap berjalan.

"Untuk pengadaan lahannya jalan terus sampai dengan Garut untuk pembangunan tahap satu. Pembebasan atau pengadaan lahan ini dilakukan oleh Kementerian PUPR," ujar Hedy.

Konstruksi Jalan Tol Getaci, akan dilaksanakan setelah ada investor yang memenangkan lelang ulang tersebut.

Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp 56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024. Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya – Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai di 2029.

Pembangunan Tol Getaci bertujuan untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di selatan Jawa Barat. (Asp)

Baca Juga:

Pembangunan Tol Terpanjang di Selatan Jawa Masuki Penetapan Lokasi

#Pembangunan Jalan Tol #Kementerian PUPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan