Proyek Strategis Stasiun Kereta Bandara Solo Kental dengan Nuansa Jawa Petugas berjaga di Kereta Bandara yang merupakan proyek strategis Presiden Jokowi yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan sampai ke Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/7).

MerahPutih.Com - PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo telah menyelesaikan pembangunan Stasiun Kereta Bandara yang menyatu dengan terminal kedatangan yang baru.

Kereta Bandara Solo yang merupakan proyek strategis Presiden Jokowi ini kental dengan nuansa Jawa dengan motif batik kawung dan parang khas Solo. Hal itu dapat dilihat gambar motif dari pintu masuk hingga boarding lounge atau ruang tunggu penumpang sebelum masuk pesawat.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Jangan Undur Lagi Jalur Balapan ke Adi Soemarmo

Human Capital and General Affair Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Dedi Suwastono, mengungkapkan progres pembangunan Stasiun Kereta Bandara mencapai 97 persen. Terminal baru ini nantinya khusus digunakan sebagai terminal keberangkatan.

Stasiun Kereta Bandara Solo
Stasiun Kereta Bandara kental dengan nuansa Jawa (MP/Ismail)

"Kita merencanakan Kereta Bandara Solo ini beroperasi pada tanggal 1 Agustus 2019. Sebelum beroperasi lebih dulu dilakukan pengecekan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan," ujar Dedi pada MerahPutih.Com, Rabu (24/7).

Terminal Kereta Bandara, kata dia, dilengkapi fasitas 26 loket dan dipisahkan untuk masing-masing maskapai. Peningkatan fasilitas tersebut akan diiringi dengan penambahan jumlah rute terbang melalui Bandara Adi Soemarmo, salah satunya rute Kunming (Tiongkok)-Solo-Kunming per tanggal 1 Agustus 2019.

"Pengoperasian kereta kita masih menunggu selesainya pembangunan track atau jalur rel yang dikerjakan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia," kata dia.

Proyek Kereta Bandara merupakan salah satu proyek strategis andalan Presiden Jokowi
Stasiun Kereta Bandara termasuk salah satu proyek strategis Presiden Jokowi (MP/Ismail)

Baca Juga: Mampir Sebentar di Solo, Jokowi Jemput Jan Ethes untuk Diajak ke Bali

Ia menjelaskan kapasitas Stasiun Kereta Bandara sendiri mampu menampung 250 penumpang untuk sekali pemberangkatan dan kedatangan. Stasiun Kereta Bandara sendiri berada di lantai 3.

"Kereta Bandara ini menghubungkan antara Stasiun Solo Balapan sampai ke Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo," tutup Dedi Suwastono.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Demi Tampung Boeing 777, Landasan Pacu Adi Soemarmo Diperpanjang 3.000 Meter



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH