Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Mulai Bersihkan Lahan Presiden Jokowi lihat proyek Sirkuit Mandalika. (Foto: setkab.go.id)

MerahPutih.com - Pembangunan kawasan Sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, telah masuk tahap pembersihan lahan. Walaupun masih ada beberapa warga yang mengklaim tanah tersebut.

"Tahapan identifikasi, verifikasi, dan sosialiasi sudah kami laksanakan. Sekarang tinggal tahap pembersihan lahan," kata Ketua Tim Percepatan Penanganan Lahan KEK Mandalika, AKBP Awan Hariono, di Mataram, Jumat,(7/8)

Saat ini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah tidak perlu khawatir lagi dengan gangguan sengketa lahan karena klaim kepemilikan pribadi di atas lahan pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika sudah teridentifikasi dan tidak ada bukti kuat.

Baca Juga:

Biar Ekonomi Bergerak, Pemda Diminta Tidak Takut Gunakan Anggaran

"Jadi warga yang masih merasa memiliki atau yang mengklaim punya bukti kepemilikan silakan melalui jalur hukum. Gugat perdata ke pengadilan. Nanti kita ikuti putusan pengadilan," ujarnya dilansir kantor berita Antara.

Ia menegaskan, dalam proses identifikasinya, proses peralihan hak atas kepemilikan lahan dari warga kepada ITDC sudah selesai sejak 1991 sampai 1996 lalu, ketika ITDC masih bernama BTDC. Jika masih keneraka bisa tunjukan alas hak sesuai hukum.

Lahan Sirkuit Mandalika
Lahan Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara).

Sebelumnya, Presiden Jokowi berharap fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP 2021 itu juga segera dikerjakan. Saat ini, lanjut Presiden, airport sudah, jalan sudah, penetapan lokasi sudah, penloknya sudah. Sehingga diharapkan, konstruksi paling lambat itu di Januari 2020. Dengan demikian, 2020 semua fasilitas yang diinginkan oleh MotoGP itu betul-betul sudah siap.

"Sehingga mereka yakin dan kita harapkan kita di 2021 betul-betul bisa melihat bersama-sama MotoGP diselenggarakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia,?" tegas Presiden.

Baca Juga:

Kemenpora Dukung 2 Juta Atlet Esports di Turnamen Free Fire Fall Season 2020



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH