Teknologi
Proyek Ini Mengubah Emisi CO2 Menjadi Pakan Ternak Produksi pakan ternak menjadi ancaman yang semakin besar. (Foto: Unsplash/Morning Brew)

SEBUAH proyek di Yorkshire yang mengubah karbon dioksida menjadi pakan ternak bisa menjadi solusi penyediaan makanan berkelanjutan.

Diharapkan proyek ini dapat menyediakan pakan untuk peternakan ikan dan unggas. Bahan makanan yang tengah diteliti ini memiliki jejak karbon hingga 75 persen lebih kecil daripada sumber makanan lainnya.

Baca juga:

Perbedaan Antara Green Tourism, Ecotourism dan Sustainable Tourism

1
Jejak karbon 75 persen lebih kecil dari sumber makanan lain. (Foto: Unsplash/Hansen Lu)

Tumbuhnya kesadaran bahwa pola makan berbasis daging memiliki dampak lingkungan yang lebih besar daripada pola makan nabati. Sayangnya, hanya sedikit yang tahu bahwa dampak lingkungan terbesar berasal dari makanan yang dimakan hewan. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal Science mengklaim bahwa seperlima kedelai dan daging sapi yang diimpor dari Brasil ke Uni Eropa berasal dari tanah yang digunduli secara ilegal.

Pada tahun 2017, WWF menemukan bahwa 75 persen produksi kedelai dan jagung global ditanam untuk memberi makan hewan. Kebanyakan diperuntukan untuk babi dan unggas. Pola makan di seluruh dunia cenderung mengarah pada konsumsi daging yang lebih tinggi. Produksi pakan ternak menjadi ancaman yang semakin besar terhadap keanekaragaman hayati ketika lahan dibuka untuk menanam lebih banyak tumbuhan produktif.

Pakan hewan biasanya terbuat dari kedelai, tepung ikan atau biji-bijian, dapat menyebabkan dampak lingkungan yang merusak. Proses baru yang dibuat oleh Deep Branch Biotechnology, mengambil CO2 dari emisi industri. Lalu menggunakannya sebagai sumber energi untuk mikroba yang menghasilkan protein sel tunggal yang dirancang khusus untuk pakan ternak.

Baca juga:
Sejarah Menarik Dibalik Hari Bumi, Sudah Tahu Belum?

2
CO2 diambil dari hasil emisi industri. (Foto: Unsplash/Brooke Cagle)

Untuk menyediakan sumber CO2 industri untuk proses tersebut, Deep Branch, institusi yang peduli pada proyek ini, telah bermitra dengan pembangkit listrik di utara Inggris dengan mengkonversikan biomassa terbarukan, bukan batubara.

Pembangkit Listrik Drax di Selby adalah pembangkit listrik terbesar di Inggris dan memasok 5 persen dari kebutuhan listrik negara. Drax memiliki ambisi untuk menjadi karbon negatif pada tahun 2030 dan menangkap CO2 yang dihasilkannya untuk proyek-proyek seperti ini adalah bagian dari rencana ini. Pabrik telah bereksperimen dengan menggunakan CO2 yang ditangkap untuk membuat produk plastik baru.

Kemitraan ini merupakan bagian dari konsorsium 10 kelompok industri dan akademis yang lebih luas yang disebut REACT-FIRST. Konsorsium ini berkomitmen untuk menangani krisis iklim global dan tujuan mencapai emisi karbon netral/negatif.

"Saat ini, sebagian besar sumber protein pakan ternak diimpor dari luar negeri. Membuat Inggris bergantung pada rantai pasokan yang rumit dan rapuh. REACT-FIRST dibuat untuk fokus hanya pada mengatasi masalah ini," kata Rowe.

Proyek Yorkshire adalah salah satu dari sembilan yang yang bertujuan membuat sistem produksi pangan di Inggris lebih efisien. Lainnya termasuk penanam buah vertikal di London, teknologi AI digunakan untuk meningkatkan efisiensi pertanian dan proyek pengujian apakah robot dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang intensif energi seperti memetik buah.

“Dari robotika yang membantu petani kami dalam memetik buah hingga teknologi yang mengubah CO2 menjadi pakan ternak. Proyek luar biasa yang kami dukung hari ini mewakili masa depan pertanian,” kata Menteri Ilmu Pengetahuan Inggris, Amanda Solloway.

Dia menambahkan bahwa dengan menggunakan "yang terbaik dari ilmu pengetahuan Inggris" proyek-proyek yang dipilih oleh pemerintah akan membantu mempercepat transisi kita ke produksi pangan netto nol. (lgi)

Baca juga:

Hotel Terbaik Dunia dengan Konsep Sustainable

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Siap Rilis, ini Bocoran Harga PlayStation 5
Fun
Siap Rilis, ini Bocoran Harga PlayStation 5

Akan hadir 19 November di Indonesia.

Demi Kim Soo-hyun, Lee Hongki Kuras Gaji Sebulan
ShowBiz
Cara Simpan Helm yang Benar
Fun
Cara Simpan Helm yang Benar

Helm berapapun harganya harus disimpan dengan cara yang baik dan benar.

Qualcomm Snapdragon 690 Rilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel
Fun
Qualcomm Snapdragon 690 Rilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel

Ini merupakan chipset pertama di seri ke-6 Snapdragon yang mendukung konektivitas 5G.

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Fun
Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia

Tips Aman Tinggalkan Rumah Kosong Saat Liburan Tahun Baru
Fun
Tips Aman Tinggalkan Rumah Kosong Saat Liburan Tahun Baru

Yuk Intip Cara Aman Tinggalkan Rumah Kosong Saat Liburan Tahun Baru

Awali 2020, BTS Rilis 'Map of the Soul: 7' pada 21 Februari
ShowBiz
Awali 2020, BTS Rilis 'Map of the Soul: 7' pada 21 Februari

Ini album terbaru dari seri Map of the Soul.

Situs Game Online ini Mengajak Kamu Mengenang Masa Kecil Secara Gratis
Hiburan & Gaya Hidup
Irene Disebut Kasar, Orang Dekat Beri Pembelaan
ShowBiz
Irene Disebut Kasar, Orang Dekat Beri Pembelaan

Mereka ialah stylist, staf, dan penari yang telah bekerja dengan Irene.

Gaya Genderless hingga Feminin ala Desainer Korea Selatan
Fashion
Gaya Genderless hingga Feminin ala Desainer Korea Selatan

Mereka dikenal langganan para idola Korea Selatan.