Proyek Ambisius Menkominfo Baru: Bangun Ribuan BTS di Wilayah 'Blank Spot' Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju, Johnny G. Plate, ditemui di kantor Kominfo di Jakarta, Senin (28/10/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

MerahPutih.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Dalam hal ini 4.000 Base Transceiver Station (BTS) akan dibangun, khususnya untuk wilayah blank spot di seluruh pelosok Indonesia.

Menteri Kominfo Johnny G Plate menyinggung soal beberapa kebijakan yang menjadi program utama kementerian yang ia pimpin.

Baca Juga:

Bagaimana Provider Telekomunikasi Mempersiapkan Diri Menghadapi Revolusi 5G?

"Khusus untuk wilayah yang masih blank spot, infrastruktur akan kita teruskan, kita akan bangun 4.000 BTS," ungkap Johny dalam keterangannya, Selasa (29/10).

Ilustrasi. Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai kawasan wisata Sumatera. (ANTARA/HO-XL Axiata)
Pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba oleh teknisi XL Axiata. (ANTARA/HO-XL Axiata)

Johnny lantas mengutarakan bahwa pihaknya akan mencarikan jalan dan program untuk mempercepat proses pembangunan.

Tujuannya, agar keterjangkauan, coverage teknologi informasi sampai ke rakyat, khususnya di wilayah 3T.

"Itu yang akan menjadi perhatian kita. Saya juga sampaikan tadi di wilayah udara kita memang masih butuh penambahan satelit," katanya.


Johny mengatakan, saat ini pemerintah akan membangun satelit yang dikenal atau yang diistilahkan dengan "SATRIA". Satelit multfungsi itu akan meningkatkan pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Kendati demikian, Johnny turut mengajak seluruh pihak terlibat untuk mendalami lebih lanjut hal-hal yang terkait dengan teknis, hal-hal terkait dengan bisnis dan model-model finansial atau financing structure.

Baca Juga:

Ini Istilah-Istilah yang Dipakai dalam Alat Komunikasi Handy Talky

"Yang nanti akan didalami ini terkait dengan pembiayaan negara, yang terkait kementerian-kementerian terlibat," ucapnya.

Johnny menegaskan, satu hal yang akan menjadi fokusnya. Ia menaruh perhatian terhadap platform-platform digital, infrastruktur informatika yang dimiliki harus bisa menjangkau banyak rakyat, termasuk rakyat kecil.

The Communication and Informatics Minister, Johnny G Plate. (ANTARA/Agus Salim/sh)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (ANTARA/Agus Salim/sh)

Pihaknya pun menyatakan dukungan terhadap program-program yang mendorong terciptanya 1.000 startup yang menjangkau rakyat langsung. Ia juga berharap, hal ini sekaligus dapat meningkatkan kapitalisasi startup-startup yang ada.

Kementerian Kominfo dalam hal ini tidak hanya sebagai regulator, melainkan siap sebagai fasilitator bahkan akselelator. (Knu)

Baca Juga:

Terbongkarnya Rahasia Komunikasi Jadi Penyebab Tertangkapnya Puluhan Terduga Teroris



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH