Provinsi Jawa Barat Ekspor Kopi dan Teh ke Inggris Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

MerahPutih.Com - Jawa Barat termasuk salah satu wilayah yang memiliki sejumlah komoditas unggulan ekspor. Selain tekstil, kulit dan furniture, pemerintah Provinsi Jawa Barat optimistis dapat mengekspor kopi dan teh ke Inggris.

Dalam temu pengusaha kopi dan teh yang diadakan Atase Perdagangan KBRI London, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Barat Mohamad Arifin menyatakan komoditas ekspor unggulan dari wilayahnya bisa menembus pasar Inggris.

"Pemprov Jabar optimistis dapat menembus pasar Inggris karena daerah itu merupakan penghasil kopi dan teh terbesar dengan kualitas terbaik di Indonesia. "kata Mohamad Arifin di London, dalam rangkaian Indonesia Akhir Pekan yang diadakan di London, Sabtu-Minggu (8-9/9).

Mohamad Arifin mengatakan dengan kondisi grografis yang kaya akan daerah pegunungan dan dikelilingi oleh lembah-lembah hijau, tanah Jawa Barat yang subur merupakan penghasil 70 persen dari seluruh total produksi teh nasional dan merupakan produsen dari kopi Java Preanger yang telah terkenal di mancanegara.

Kebun Teh
Kebun Teh di Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto; MP/Ist)

Kopi Java Preanger merupakan tanaman kopi yang tumbuh di tanah Jawa Barat dengan ketinggian lebih dari 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga dapat menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang khas, aroma yang kuat dan dengan rasa buah-buahan yang menonjol.

Dalam skala besar, Jawa Barat merupakan basis industri manufaktur nasional yang memberikan kontribusi terhadap produksi nasional sebesar lebih dari 60 persen.

Industri manufaktur yang terpusat di Jawa Barat antara lain industri alat elektronik, otomatif pengolahan makanan, tekstil, funiture, migas dan petrokimia, industri strategis serta industri kreatif yang banyak memanfaatkan kemajuan teknologi.

Sebagaimana dilansir Antara, acara forum bisnis diawali dengan penampilan Padepokan Pencak Silat Panglipur dari Jawa Barat yang dibawakan oleh Cecep Arif Rahman, Dian Nurdini dan Trisna Irawan yang berhasil menarik perhatian dari undangan. Hadirin juga disuguhi kopi dan teh dari Jawa Barat.

Selain itu, ada peragaan busana batik tulis Indonesia dari Identix karya Irma Susanti yang diperagakan pwragawati profesional asal Inggris dan praktik tatto atau mengambar tangan dari Kent Tattoo dari Bandung yang diminati kaum perempuan yang minta digambarkan tatto dengan disain menarik.

Atase Perdagangan KBRI London Nur Rakhman Setyoko mengatakan acara temu bisnis yang dihadiri pengusaha Inggris digelar dalam rangkaian acara Indonesia Akhir Pekan sebagai ajang promosi perdagangan, budaya dan pariwisata serta kuliner Indonesia di Inggris.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kubu Oposisi Nilai Pelemahan Rupiah Berdampak Sistemik dan Ini Solusinya



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH