Protokol Kesehatan di Bioskop bakal Diperketat Pengunjung menonton film di bioskop rakyat di Pasar Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta, Rabu (3/7/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

MerahPutih.com - Bioskop atau cinema menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19. Sejak merebaknya penyebaran virus pemerintah daerah menutup operasional bioskop untuk menghindari penularan di tengah masyarakat.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan kajian dalam rangka pembukaan kembali bioskop atau cinema pada masa COVID-19.

Baca Juga

Dampak Positif dan Negatif Pembukaan Bioskop Saat Pandemi COVID-19

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Wiku pada konferensi pers di Media Center Satgas Nasional, Jakarta, Rabu (26/8).

Wiku menyampaikan bahwa pembukaan aktivitas sosial dan ekonomi, seperti bioskop harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.

“Dalam prakondisi ini, dipastikan tentang kesiapan fasilitas itu sendiri, fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan, termasuk masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan tahapan berikut mengenai aspek timing. “Kapan itu akan dibuka,” sambung dia.

Tentunya tidak semua aktivitas dibuka pada waktu yang bersamaan. Wiku menekankan semua aktivitas yang akan dibuka perlu dipersiapkan dan diperhitungkan secara matang.

Pada tahapan prioritas, pelaku yang berkepentingan perlu melihat prioritas sektor maupun dalam konteks fasilitas yang akan dibuka. Kemudian, tahapan koordinasi dan monitoring dan evaluasi (monev).

Nantinya, penjualan hanya diizinkan melalui sistem daring agar menghindari kerumunan dan memudahkan pelacakan bila dalam operasionalnya nanti terjadi penularan virus corona.

"Pemesanan tiket secara online tidak dilakukan secara fisik, sehingga data juga terolah baik jika terjadi sesuatu dapat ditracing dengan baik," kata Wiku.

Ilustrasi bioskop

Dia meminta kepada para pengunjung yang hendak menikmati film layar lebar itu untuk selalu mengenakan masker. Kemudian, pengelola pun harus memberikan jarak antar penonton di dalam bioskop.

"Selama menonton tak boleh makan dan minum, selalu emnggunakan masker dari awal sampai akhir. Kursi juga berjarak sehingga tak ada kontak. Pengamatan langsung disiplin harus dijaga petugas agar pengunjung tertib selalu menggunakan masker," ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang sedang sakit dan berusia di bawah 12 tahun serta di atas 60 tahun agar tak mengunjungi bioskop.

Sebab, mereka dinilai sebagai kelompok yang rentan terpapar dan menularkan COVID-19.

"Kami menyarankan bahwa pengunjung untuk yang datang masyarakat dengan usia di atas 12 di bawah 60 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta lain," kata dia.

Ia menjelaskan ada beberapa protokol kesehatan yang dipatuhi oleh para pengelola bioskop di Jakarta sebelum dibuka.

"Pertama adalah harus melakukan pra kondisi, dimana dalam prakondisi ini dipastikan tentang kesiapan dari fasilitas itu sendiri, dari kesiapan fasilitas pendukungnya dan juga dalam penyelenggaran termasuk masyarakat itu sendiri," kata Wiku.

Penentuan waktu pembukaan juga harus dilakukan dengan perhitungan yang pas oleh para pengelola bioskop dengan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Satgas Covid-19 setempat.

Wiku menjabarkan, ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengelola maupun penonton bioskop saat sudah dibuka kembali nanti.

Pertama, penonton yang diperbolehkan kembali menonton di bioskop adalah orang yang sudah berusia 12-60 tahun, anak-anak dilarang menonton.

Penonton yang berada di rentan usia tersebut juga harus berada dalam kondisi sehat, tidak memiliki gejala covid-19 seperti batuk, demam di atas 37 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu bersin-bersin, sesak nafas, diare, lemas, dan nyeri sendi seluruh tubuh.

"Lalu tidak memiliki penyakit penyerta lainnya seperti tekanan darah tinggi, jantung, kencing manis, penyakit paru, penyakit ginjal dan penyakit kronis lainnya," lanjut Wiku.

Pemerintah pusat telah merestui rencana pembukaan bioskop yang akan segera dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam waktu dekat meski Ibu Kota masih berstatus zona merah corona.

Baca Juga

Ketua DPRD Dukung Anies Buka Kembali Bioskop

Selama proses persiapan pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat untuk mempelajari seluruh protokol kesehatan di atas.

Jakarta sendiri masih berada di zona merah, jumlah pasien positif terjangkit virus COVID-19 di Jakarta juga terus bertambah. (Knu)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pemerintah Mulai Vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan
Indonesia
Pemerintah Mulai Vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan

Targetnya pada bulan Juni nanti lima juta guru, tenaga pendidik, dan kependidikan.

Motif Dwi Sasono Pakai Ganja
Indonesia
Motif Dwi Sasono Pakai Ganja

suami dari penyanyi Widi Mulia itu sudah mengonsumsi ganja selama satu bulan.

Luas Kuburan COVID-19 Bambu Apus Diperkecil, Begini Penjelasan Wagub DKI
Indonesia
Luas Kuburan COVID-19 Bambu Apus Diperkecil, Begini Penjelasan Wagub DKI

TPU Bambu Apus Jakarta Timur memutuskan untuk memangkas luas petak kuburan COVID-19.

Update COVID-19 Nasional Kamis (30/7), Pasien Sembuh Nyaris 4.000 Orang Dalam Sehari
Indonesia
Update COVID-19 Nasional Kamis (30/7), Pasien Sembuh Nyaris 4.000 Orang Dalam Sehari

Sementara itu, masih ada 53.723 orang suspek COVID-19

DPR Siap Bahas RUU PKS Tahun Depan
Indonesia
DPR Siap Bahas RUU PKS Tahun Depan

Yang tidak selesai sebenarnya terkait dengan undang-undang lain

KPK Gandeng PPATK Telusuri Aliran Duit Suap Ekspor Benur
Indonesia
KPK Gandeng PPATK Telusuri Aliran Duit Suap Ekspor Benur

"Tentu KPK akan melibatkan pihak lain termasuk pihak perbankan maupun PPATK dalam penelusuran dugaan aliran dana dalam perkara tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri

Terungkap, Ini Sosok Pemilik Senjata Tajam Tergeletak di Gerbang Tol Slipi
Indonesia
Terungkap, Ini Sosok Pemilik Senjata Tajam Tergeletak di Gerbang Tol Slipi

Kasus ini sempat ramai di media sosial karena disebut netizen mantan napi asimilasi yang hendak mencuri uang di pintu tol yang tak ada petugasnya.

Melalui Sang Kekasih, Yodi Prabowo Beri 'Sinyal' Ingin Bunuh Diri
Indonesia
Melalui Sang Kekasih, Yodi Prabowo Beri 'Sinyal' Ingin Bunuh Diri

"kalau nanti aku enggak ada, kamu sedih enggak?' ucap Suci menirukan Yodi.

Jumlah Sampah Warga Jakarta saat Malam Tahun Baru Capai 3,2 Ton
Indonesia
Jumlah Sampah Warga Jakarta saat Malam Tahun Baru Capai 3,2 Ton

Lanjut Syaripudin, jumlah tersebut turun drastis dari pengumpulan sampah tahun lalu yang mencapai 125 ton.

DPR Peringatkan Soal Potensi Konflik AS dengan Tiongkok
Indonesia
DPR Peringatkan Soal Potensi Konflik AS dengan Tiongkok

Indonesia mesti mewspadai potensi "perang dunia ketiga" antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.