Protes Penarikan Berita, Tiga Wartawan CNN Mundur

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 28 Juni 2017
Protes Penarikan Berita, Tiga Wartawan CNN Mundur
Ilustrasi (Foto Pixabay.com)

Tiga wartawan kantor berita CNN mengundurkan diri sebagai bentuk protes atas kebijakan redaksi. Pengunduran diri tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas penarikan pemberitaan penyelidikan Kongres terkait dana permodalan Rusia dengan pembantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kantor berita Time Warner CNN menerima pengunduran diri tiga wartawan yakni Thomas Frank, penulis berita itu; Eric Lichtblau, redaktur bagian penguakan CNN; dan Lex Haris, yang mengawasi satuan itu.

Sebelumnya, CNN menayangkan laporan Kongres menyelidiki kaitan dana permodalan Rusia dengan pembantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (15/6) lalu.

CNN melaporkan bahwa penyelidikan dalam oleh pengelolanya menemukan bahwa alur keredaksian tertentu tidak diikuti saat tulisan itu diterbitkan.

CNN kemudian menghapus tulisan itu dari lamannya pada Jumat (16/6) malam sesudah penyelidikan tersebut.

Berita itu diganti dengan catatan permintaan maaf redaktur kepada Anthony Scaramucci, pembantu Trump, yang dilaporkan diselidiki dalam tulisan tersebut.

Trump mengecam CNN, menyebut laporannya "berita palsu" dan menolak pertanyaan wartawan CNN di jumpa pers resmi pertamanya pada awal tahun tersebut sesudah menang pemilihan presiden pada 8 November.

Sumber: REUTERS/ANTARA

#Wartawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan