Jokowi Berharap Masyarakat Bersama-sama Jaga Momentum Baik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 30 Mei 2022
Jokowi Berharap Masyarakat Bersama-sama Jaga Momentum Baik
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo. ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

MerahPutih.com - Angka penyebaran COVID-19 yang kian melandai membuat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersyukur.

Ia menuturkan, saat ini kondisi pandemi COVID-19 sudah mereda, aktivitas masyarakat kembali normal, dan ekonomi masyarakat pun mulai bergerak kembali.

Jokowi mengingatkan semua pihak untuk tidak lengah agar dapat menjaga momentum pemulihan ini.

Baca Juga:

Di Tengah Pelonggaran Penggunaan Masker, 242 Orang Terinfeksi COVID-19 Sehari

“Saya meminta masyarakat agar tetap melakukan vaksinasi COVID-19 secara lengkap dua dosis, ditambah vaksinasi booster untuk mencegah penularan,” ujar Jokowi dalam pernyataannya melalui siaran video di YouTube, Senin (30/5).

Ia menegaskan bahwa vaksinasi penguat atau booster memiliki peran yang sangat penting.

Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa vaksinasi penguat dapat meningkatkan kekebalan imunitas hingga dua kali lipat terhadap COVID-19 dibandingkan vaksinasi dosis kedua.

“Vaksinasi booster ini juga diperlukan untuk melindungi orang tua dan kelompok masyarakat rentan atau memiliki komorbid dari penularan COVID-19,” imbuhnya.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI ini memastikan pemerintah memiliki stok vaksin COVID-19 penguat yang lebih dari cukup.

Untuk itu, Jokowi yang mengenakan batik biru lengan panjang ini meminta masyarakat agar segera memanfaatkan fasilitas vaksin penguat yang disediakan secara gratis tersebut.

Baca Juga:

Tambahan Kasus Harian COVID-19 di Bawah Angka 250, Satu Orang Meninggal

Masyarakat juga diminta jangan pilih-pilih jenis vaksin karena semua sama manfaatnya, untuk melindungi menghadapi pandemi.

"Mari kita jaga bersama-sama momentum baik ini, agar Indonesia makin pulih, dan ekonomi makin membaik,” tutup ayah dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming ini.

Laporan terbaru Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga hari ini, Senin (30/5), sebanyak 45.412.157 orang di Indonesia sudah menerima booster.

Jumlah tersebut mencapai 21,81 persen dari total sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720.

Program vaksinasi booster atau vaksinasi penguat dosis ketiga untuk masyarakat umum di Indonesia, dimulai pemerintah pada 12 Januari 2022.

Vaksinasi booster untuk menambah imunitas masyarakat dalam menghadapi risiko penularan COVID-19 dengan berbagai variannya.

Sementara itu untuk vaksinasi dosis lengkap (dosis pertama dan kedua) di Indonesia hingga hari ini telah mencapai 167.330.132 dosis suntikan atau 80,34 persen dari total sasaran vaksinasi nasional.

Sementara untuk vaksinasi dosis pertama hari ini mencapai 200.202.182 atau 96,12 persen dari total sasaran vaksinasi nasional. (Knu)

Baca Juga:

Pengasuh Anak Kehilangan Orang Tua Akibat COVID-19 Bakal Dapat Dana PKH

#COVID-19 #Kasus COVID-19 #Presiden Jokowi #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan