Promosikan Pantai Payangan, Ratusan Seniman Jember Gelar "Bolo Srewu Jaranan Barong" Pagelaran "Bolo Srewu Jaranan Barong" Jember. (FOTO Antara/Seno)

Ratusan penggiat seni tradisional yang ada di wilayah Jember, Jawa Timur ramaikan pagelaran "Bolo Srewu Jaranan Barong" (BSJB) di Pantai Payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Sabtu (18/2) sore. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan obyek wisata Pantai Payangan, salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Jember.

Sekretaris Dewan Kesenian Jember Iwan Kusuma, menjelaskan, pagelaran "Bolo Srewu Jaranan Barong" ini memadukan sejumlah kesenian tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Jember.

"Kesenian tradisional di Jember sangat bermacam-macam mulai dari wilayah utara hingga selatan, sehingga kami coba menggabungkan kesenian itu dalam sebuah pergelaran Bolo Srewu Jaranan Barong di Pantai Payangan," kata Iwan Kusuma, seperti dilansir Antara.

Ia juga mengungkapkan, pada acara BSBJ ini berbagai kesenian tradisional dipadu secara artistik mulai seni macapat, hadrah, takbutaan, seni tari, can macanan kaduk dan barongsai. Dalam pagelaran ini, menyajikan cerita yang isinya menggambarkan bahwa pertarungan antar kekuatan akan ada pemenangnya, dan pemenangnya adalah sosok pemersatu yang akan mengarahkan ke jalan kesejahteraan.

Menurutnya, kegiatan pergelaran kesenian tradisional ditampilkan di Pantai Payangan sebagai salah satu upaya untuk menarik wisatawan. Karena,kata Iwan, selama ini belum terbangun secara optimal sinergi antara parwisata dengan kesenian budaya.

"Kalau kesenian tradisional digelar secara rutin di objek wisata Pantai Payangan, maka sektor pariwisata bisa menghidupi kesenian dan sebaliknya, kesenian bisa mewarnai pariwisata di Jember. Sehingga, diharapkan kunjungan wisatawan semakin meningkat," tuturnya.

Bupati Jember Faida mengaku sangat mengapresiasi kegiatan "Bolo Srewu Jaranan Barong" yang digelar atas inisiatif masyarakat dengan dimotori oleh Dewan Kesenian Jember, karena menggambarkan kebhinekaan di Kabupaten Jember.

"Ini kegiatan yang sangat luar biasa dengan memadukan kesenian tradisional dan kebudayaan yang diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat di Pantai Payangan Jember," katanya.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH