Asian Games 2018

Promosikan Asian Games 2018 Pemprov DKI Gelar Jakarnaval Bertema Olah Raga

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 04 Juli 2018
Promosikan Asian Games 2018 Pemprov DKI Gelar Jakarnaval Bertema Olah Raga
Kepala Disparbud DKI Jakarta Tinia Budiati (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Jakarnaval pada Minggu (8/7) mendatang. Karnaval tersebut selain sebagai puncak perayaan HUT Kota Jakarta ke-491 juga untuk mempromosikan Asian Games 2019.

Jakarnaval 2018 mengusung tema The Spirit of Jakarta yang merupakan cerminan dari kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah bagi kedua perhelatan Asian Games.

Kepala Disparbud DKI, Tinia Budiati mengatakan Jakarnaval 2018 hadir dengan konsep baru, yakni tak lagi menampilkan pawai budaya dari seluruh provinsi di Indonesia, melainkan mempromosikan dan mengenalkan berbagai potensi olahraga di Tanah Air dalam pesta rakyat Jakarta. Pada tahun ini Pemprov khusus membawa semangat kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Suasana jumpa pers Jakarnaval 2018
Kepala Disbudpar DKI Jakarta Tinia Budiati memberikan keterangan pers terkait Jakarnaval 2018 (MP/Asropih)

"Tahun ini adalah tonggak sejarah baru bagi Jakarta, dan sebagai tuan rumah Asian Games sudah menjadi kewajiban kami untuk mempromosikannya," ujar Tinia Budiati di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Rencananya, Jakarta Karnaval akan dilaksanakan pada Minggu 8 Juli 2018 mulai dari pukul 15.30-18.00 WIB. Sebanyak 4.000 peserta pawai akan memeriahkan Jakarnaval 2018.

"Jakarnaval meliputi karnaval seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral, dengan atraksi utama yaitu pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games yang didampingi oleh Abang-None Jakarta," tuturnya.

Salah satu peserta karnaval
Karnaval juga disemarakan dengan art performance dengan menampilkan parade ondel-ondel, parade Abang dan None Jakarta, parade Koko Cici, dan marching band. (MP/Widi Hatmoko)

Peserta Jakarnaval akan terbagi menjadi 2 rute. Pawai dengan berjalan kaki akan dimulai dari Balaikota, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di Sisi Barat Silang Monas. Sedangkan pawai kendaraan hias akan dimulai dari depan Balaikota Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, kemudian mengakhiri pawai di Harmoni.

"Pawai ini akan dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selepas pawai, Jakarnaval 2018 akan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis ternama Tanah Air, seperti band The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi, NAFF, dan lainnya," ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta itu menuturkan, pihaknya menargetkan 500.000 pengunjung Jakarnaval 2018.

Pembukaan Jakarnaval 2018 akan dihadiri oleh Duta Besar Negara Peserta Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, para Walikota dan Bupati Kota atau Kabupaten Administratif Provinsi DKI Jakarta, Ketua INASGOC, Ketua INAPGOC, dan tokoh masyarakat lainnya.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: BI Bebaskan Uang Muka Rumah DP 0 Persen, Sandiaga Berencana Tambah Unit Baru

#Asian Games 2018 #DKI Jakarta #Jakarnaval
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan