Promosi Wisata Papua, Genpi Siap Gebrak Media Sosial Pulau Ahe, Nabire, Papua (Foto: Instagram @fatyakresnawan)

MerahPutih.Com - Keberadaan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dalam mempromosikan wisata begitu terasa di era media sosial seperti sekarang. Kehadiran Gempi di sejumlah wilayah di Tanah Air membuat event atau destinasi wisata dikenal warganet melalui media sosial.

Kesadaran pentingnya promosi wisata melalui media sosial, Pengurus Genpi Papua menyatakan kesiapannya untuk mempromosikan potensi wisata Papua agar bisa menjadi penggerak roda perekonomian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua, yang juga Pembina Utama Gempi Yoseph IS Matutin menjelaskan sektor pariwisata sudah terbukti mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi nasional sebagai industri perolehan devisa.

Oleh karena itu, ia menginginkan pariwisata dapat dikelola secara baik agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi pilar utama penyangga pembangunan daerah.

Menurut Yoseph, Papua memiliki banyak potensi yang dapat dijadikan daya tarik para wisatawan.

Lembah Baliem Nabire
Lembah Baliem, rumah suku Dani.(foto: Instagram @baliemfest2018)

Dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, Yoseph menganggap medsos adalah media yang paling efektif untuk mempromosikan pariwisata.

"Dengan memiliki keanekaragaman alam dan budaya Papua dengan 253 suku dengan ciri khas adat istiadat dan bahasa yang berbeda maka melalui Genpi diharapkan semakin banyak aktivitas promosi wisata yang dapat ditampilkan melalui promosi wisata dunia digital," kata Yoseph IS Matutin di Jayapura, Jumat (23/11).

Sementara Ketua Harian Genpi Siti Chotuah mengatakan, Gempi yang memiliki 13.8000 "followers" dan dalam mempromosikan tempat wisata di medsos melibatkan kelompok komunitas maupun individu-individu berjiwa muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata.

Media yang digunakan beraneka ragam, seperti blog, facebook, twitter, instagram, whatsapp dan lainnya.

Karena fokus promosi dalam dunia digital maka Gempi sering dijuluki laskar digital merah putih.

Siti Chotuah sebagaimana dilansir Antara berharap kehadiran Gempi yang lahir tiga tahun lalu di NTB dapat membantu majunya pariwisata di wilayah Papua, sehingga dunia luar dapat melihat keindahan alam Papua yang tidak kalah bagusnya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: ICW Temukan Kasus Korupsi Dana Desa, Wapres Jusuf Kalla Beri Tanggapan



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH