Headline

Promosi Pariwisata akan Lebih Efektif Lewat Media Digital

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 28 Desember 2017
Promosi Pariwisata akan Lebih Efektif Lewat Media Digital
Media Sosial. Ilustrasi.(Foto Grafik: pixabay.com/@bykst/CC0/free_image)

MerahPutih.Com - Media digital memegang peranan penting dalam promosi dan pengembangan pariwisata. Menurut Devi Valeriani, akademisi dari Univeristas Bangka Belitung, para pelaku usaha disarankan mempromosikan potensi pariwisata melalui media digital karena dinilai lebih efektif.

"Mempromosikan potensi pariwisata Kepulauan Babel melalui media digital dilakukan dengan membuat website maupun media sosial sehingga dapat menarik lebih banyak lagi calon wisatawan yang berkunjung," kata Devi Valeriani dalam seminar Ekonomi Digital Berbasis Teknologi di Pangkalpinang, Kamis (28/12).

Media digital memiliki keunggulan seperti biaya promosi yang lebih murah dengan efektivitas yang tinggi apabila dibandingkan cara periklanan konvensional melalui spanduk maupun baliho.

"Media digital saat ini merupakan gaya hidup, tanpa batas akses dan dapat dilakukan kapan saja maupun dimana saja sehingga sangat efektif dalam promosi sektor pariwisata," ujarnya.

Devi Valeriani sebagaimana dilansir Antara menyebutkan layanan akomodasi pariwisata seperti pembelian tiket transportasi dan pemesanan kamar hotel juga sering dilakukan secara online melalui perangkat gawai karena dianggap lebih praktis bagi para calon wisatawan.

"Pemesanan kamar hotel di Kota Bandung contohnya, menurut data 40 persen dilakukan secara online dan diperkirakan para penggunanya akan semakin bertambah seiring berkembangnya teknologi," katanya.

Pelaku usaha pariwisata di Kepulauan Babel, Hongky Listiadi mengatakan kemajuan teknologi saat ini menjadi tantangan dalam pengembangan sektor pariwisata untuk memanfaatkan segala kemudahan mempromosikan panorama alam dan budaya melalui media digital.

"Masyarakat dapat memvisualisasikan panorama alam dan keanekaragaman budaya yang dimiliki Kepulauan Babel melalui internet sehingga dapat semakin menarik minat calon wisatawan untuk berkunjung di daerah ini," papar Hongky Listiadi.(*)

#Paket Wisata #Promosi Produk #Pesona Indonesia #Bangka Belitung
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan