Program Mudik Motor Gratis Masih Minim Peminat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 14 April 2023
Program Mudik Motor Gratis Masih Minim Peminat
Ilustrasi - Pengendara sepeda motor sedang dalam perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. ANTARA/Dian Hadiyatna

MerahPutih.com - Kuota tiket penumpang yang telah disediakan oleh pemerintah untuk program motis 2023 sebanyak 46.720 tiket penumpang. Sementara kuota motor yang disediakan dalam program motis sebanyak 10.440 kuota motor.

Namun, per 13 April 2023, kuota tiket penumpang yang sudah terpakai untuk program motis sebanyak 9.208 tiket dan kuota motor yang terpakai sebanyak 6.330.

Baca Juga:

Catat! 37 Titik Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Jakarta

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalihkan sisa tiket program angkutan motor gratis (motis) 2023 untuk tiket penumpang umum.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Djarot Tri Wardhono mengatakan besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik mendorong DJKA membuka kuota penumpang pada program motis agar dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat yang masih membutuhkan tiket kereta api untuk mudik.

"Saat ini, tiket penumpang untuk program motis sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator dan akan terus kami "update" secara berkala menyesuaikan ketersediaan tiket yang masih tersisa," ucap Djarot.

Ia menegaskan, pengalihan ini, supaya kuota tiket penumpang motis dapat seluruhnya dimanfaatkan oleh penumpang.

"Kami memutuskan untuk menyediakan tiket yang tersisa agar dapat dijual oleh operator kepada masyarakat," kata dia.

Djarot mengatakan tiket penumpang khusus program motis tersebut dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

"Tiket penumpang motis ini merupakan tiket yang mendapat dukungan subsidi passenger service obligation (PSO) dari DJKA sehingga dapat dibeli dengan harga yang sangat murah dan jauh dari harga tiket kereta api pada umumnya," ujar Djarot.

Agar dapat membeli tiket dengan harga murah tersebut, ia mengimbau agar masyarakat secara berkala mengecek aplikasi penjualan tiket yang disediakan oleh operator lantaran tiket arus mudik/balik baru akan tersedia di aplikasi pada tanggal yang sama dengan tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Sementara itu, untuk tiket contra flow akan tersedia di aplikasi pada H-1 dari tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Baca Juga:

Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

#Mudik #Lebaran #Ramadan
Bagikan
Bagikan