Program DP 0 Rupiah Laris, Pemprov DKI Buka Gelombang Kedua Sejumlah warga mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, Minggu (21/1). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta.)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta bersiap membuka pendaftaraan gelombang kedua Program DP 0 Rupiah Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) Klapa Village Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pendaftarn gelombang ini dibuka lantaran melihat minat masyarakat yang amat tinggi.

Hingga hari terakhir tahap satu (4/8) proses pengajuan KPR di lokasi hunian Program Samawa DP 0 Rupiah, telah hadir 1.063 pemohon yang diundang, mereka adalah bagian dari 1.790 orang pemohon yang telah lolos seleksi.

Baca Juga: Anies Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah, Ini Harga dan Cicilan Per Bulannya

Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan mengatakan, Rusunami Klapa Village tercatat hadir di lokasi sejumlah 1.364 masyarakat, dimana 1.063 merupakan para terundang, serta 301 orang adalah masyarakat yang tertarik mencari informasi mengenai Program DP 0 Rupiah.

Groundbreaking pembangunan rumah DP nol rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1). (MP/Asropih Opih)
Groundbreaking pembangunan rumah DP nol rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1). (MP/Asropih Opih)

"Minggu 4 Agustus 2019, kami telah melayani sekitar 1.364 warga yang hadir, dimana 1.063 adalah undangan pemohon yang telah lolos seleksi sebelumnya. Bank DKI juga telah memproses 1.063 formulir KPR yang dimasukkan oleh warga pemohon," kata Dzikran.

Selanjutnya proses KPR mulai diurus Bank DKI dan dalam 2 hingga 3 pekan para pemohon yang aplikasi kreditnya disetujui akan dihubungi Bank DKI untuk memasuki proses akad kredit. Setelah akad kredit selesai biasanya dalam waktu beberapa minggu akan dilaksanakan proses serah terima kunci.

Pemerintah DKI akan membuka gelombang pendaftaran selanjutnya untuk Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah mulai Rabu, 7 Agustus 2019 di Rusunami Klapa Village di Jakarta Timur.

Pendaftaran satu minggu pertama dilakukan di Klapa Village, dan seterusnya mulai 14 Agustus 2019 pendaftaran akan di lakukan di kantor Unit UFPRS di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta, Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Sempat Ditolak, DPRD DKI Setujui Pinjaman Dana Rumah DP 0 Persen

Peminat program Samawa ini dapat mendaftar melalui gelombang kedua untuk hunian di lokasi program yang baru, serta dapat pula mendaftar untuk menjadi waiting list pada hunian Klapa Vilage bila nantinya masih terdapat unit yang tersedia. Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui website samawa.jakarta.go.id.

"Kami juga dapat sampaikan, bahwa bila masih ada unit yang tersisa dari hunian gelombang pertama ini maka pemohon yang lolos seleksi gelombang kedua juga dapat dimasukkan untuk mendapat unit di Rusunami Klapa Village," jelas Dzikran.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan fasilitasi pembiayaan kepemilikan hunian untuk masyarakat DKI Jakarta.

"Lokasi hunian program gelombang kedua akan berjalan juga di beberapa lokasi di Jakarta yang saat ini masih dalam tahap proses penjajakan dan kerjasama dengan pengembang," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Jomblo Dilarang Ajukan Rumah DP 0 Rupiah

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH