William Wongso dan Keberanian Diplomasi Rendang Kebanggaan Indonesia Salah satu pahlawan kuliner Indonesia. (Foto: Le Cordon Bleu)

SIAPA yang tidak kenal pakar kuliner Indonesia William Wongso. Sebagian besar mungkin baru mengenal beliau dalam program televisi Gordon Ramsey: Uncharted yang tayang Juni lalu. Dalam kesempatan itu, William menjadi mentor Ramsey untuk mempelajari budaya dan kuliner Sumatra Barat, terutama rendang.

Lahir di Malang, 12 April 1947, dengan nama lengkap William Wirjaatmadja Wongso, ia kini lebih dikenal dengan William Wongso. Awal kariernya sebagai pakar kuliner berawal dari pengalaman masa kecil bersama sang ayah, Soewadi Wongso.

Sang ayah yang berprofesi sebagai fotografer Presiden Soekarno pada masanya ternyata sering mengajak William untuk mencicipi citra rasa kuliner di beberapa daerah. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran mewah pun ia kunjungi. Tidak sekadar mencicipi, William juga berinteraksi langsung dengan pemilik restoran, sang ahlinya.

Sang ayah kerap membagi ilmu fotografi kepada William. Sejak saat itulah, William punya paket lengkap mulai dari pengetahuan kuliner hingga fotografi.

Baca juga:

Yuk Coba Resep Omelet Rendang ala Gordon Ramsay

Profil William Wongso, Sang Diplomat Rendang Kebanggan Indonesia
Buku Flavors of Indonesia karya William Wongso. (Foto: Tuttle Publishing)

Pria berusia 73 tahun ini juga dikenal sebagai konsultan di bidang gastronomi dan ahli di bidang kuliner Asia dan Eropa. Beberapa prestasi gemilang pun diraihnya, baik dalam maupun luar negeri. Salah satu penghargaan yang ia terima ialah Wongso Chevalier dans I’Orde National du Merite yang diberikan Menteri Pertanian Prancis. Gelar itu ia peroleh atas andilnya mempromosikan makanan Prancis pada 2001.

Ketika memperkenalkan kuliner Indonesia ke luar negeri, William biasanya membawa bumbu yang sudah jadi dengan bahan lokal. Bukan hanya rasa yang ingin ia perkenalkan, melainkan food culture dari Indonesia sendiri.

“Misalnya di AS, kadang suka enggak ada cabai, tapi kita bisa ganti sama paprika. Paprika itu kan aromanya seperti cabai, tapi rasanya beda. Nah, itu bisa kita ganti,” ujar William saat dihubungi Merahputih.com.

Ia bercerita warga luar negeri sekarang sudah mau mencoba makanan negara lain karena melihat dari media sosial. "Ini jadi peluang untuk masakan Indonesia dikenal negara luar,” lanjutnya.

Berkat kolaborasi dengan Chef Ramsey, William kini dikenal sebagai diplomat rendang. Dalam tayangan tersebut, keduanya memasak di luar ruangan dengan cara masing-masing.

Baca juga:

Lezatnya Menu Baru Talaga Sampireun Ala William Wongso

Selain rendang, William juga menyukai masakan-masakan Indonesia, terutama dari kampung halamannya, Jawa Timur. “Semuanya saya suka. Masalah suka atau enggak, itu mindset,” ujar William.

Di 2008, ia meraih penghargaan di bidang kuliner dari Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden serta Medali Kehormatan dari Academie du Pain Indonesia di Paris pada 2018.

William ialah satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam Elite de le Boulangerie International, sebuah klub populer yang terdiri dari pembuat roti terbaik di seluruh dunia. Klub ini hanya berjumlah 33 anggota.

Pakar sekaligus praktisi kuliner Indonesia ini juga pernah menerbitkan buku yang membahas tentang kuliner Indonesia, Flavors of Indonesia. Bukunya diapresiasi dan memenangi ajang bergengsi Gourmand World Cookbook Awards ke-22 dalam kategori Best Cookbook of the Year 2017. “Enggak kepikiran untuk dapat medali. Ya, kita melakukan dengan sepenuh hati sebagai bentuk dedikasi aja. Ini kan bukan kompetisi, jadi enggak harus kejar target,” kata William.

Baca Juga:

Rendang Made in Negeri Aing Disukai Warga Dunia

Ada 80 kategori di ajang itu. Menurutnya, yang membuat buku itu bagus bukan dirinya sebagai penulis, melainkan kisah-kisah yang bagus mengenai masakan Indonesia. "Masakan Indonesia itu masih dipandang sebelah mata di luar negeri," lanjutnya.

Meskipun demikian, chef yang telah berkecimpung di dunia kuliner sejak 1970-an ini tetap berani konsisten membawa dan mengenalkan budaya kuliner Tanah Air ke dunia luar. Lewat bukunya, William membawa mata ahli kuliner dunia ke Indonesia.

Oleh karena itu, ia menyebut Flavors of Indonesia rencananya akan diperbarui dengan beberapa resep baru. Namun, rencana itu masih ditunda karena pandemi COVID-19. Di masa pandemi ini, William mengaku tetap aktif dan mendapat banyak hal positif. Salah satunya dengan adanya webinar Cooking Clinic dengan tajuk Satu Bumbu Aneka Masakan.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, William sempat berbagi tips memasak bersama WNI di Turki dalam rangka Hari Kartini dan menjelang Ramadan.

Profil William Wongso, Sang Diplomat Rendang Kebanggan Indonesia
Pernah berkolaborasi dengan Gordon Ramsey. (Foto: National Geographic)

“Kita enggak bisa mengendalikan keadaan ya. Saya senang justru dengan adanya pandemi ini saya jadi bikin Cooking Clinic,” katanya.

William pun berpesan agar dunia kuliner Indonesia, khususnya di tengah pandemi ini, bisa survive berdasarkan realitas.

“Tidak satu pun orang bisa prediksi kondisi seperti ini. Kita dalam satu aliran sungai yang deras. Polanya sudah kembali ke reality. Jadi kalau mau jualan, ya sesuai reality saja. Harganya jangan yang mahal-mahal, sesuaikan dengan isi dompet masyarakat saja,” tutup William. (and)

Baca juga:

Cuma Ada Telur? Tenang, 3 Resep Kekinian Ini Bisa Dicoba di Rumah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Antisipasi Kecelakaan Bagi Pemudik Jalur Darat
Fun
Antisipasi Kecelakaan Bagi Pemudik Jalur Darat

Pemudik jalur darat harap mematuhi lalu lintas.

Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE
Fun
Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE

Pameran Seni yang tak boleh dilewatkan.

Disney+ Hotstar Berikan Porsi Lebih pada Konten Lokal
ShowBiz
Disney+ Hotstar Berikan Porsi Lebih pada Konten Lokal

Konten orisinil lokal mendapat porsi lebih di Disney+ Hotstar.

BMW Luncurkan Mobil Listrik iX dan i4 di GIIAS 2022
Fun
BMW Luncurkan Mobil Listrik iX dan i4 di GIIAS 2022

Bukan sekadar trik marketing, tapi lebih pada pengalaman menyenangkan dalam berkendara dan melestarikan lingkungan.

Jangan Abaikan Gejala Kanker Otak
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Abaikan Gejala Kanker Otak

Apakah sakit kepala, mual, dan ketidakjelasan yang dialami akibat terlalu banyak minum kopi perlu segera diperiksakan ke dokter?

Tren Penggunaan Drone di 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Tren Penggunaan Drone di 2022

Bisnis drone akan menjadi sesuatu yang tak terelakkan di masa depan.

'Pokemon Legends: Arceus' Tidak Sepenuhnya Open-World
Fun
'Pokemon Legends: Arceus' Tidak Sepenuhnya Open-World

Pokemon Legends: Arceus akan membawa pemain kembali ke region Hisui di era kekaisaran Jepang.

Tangguh dengan Smartwatch Amazfit T-Rex 2
Fun
Tangguh dengan Smartwatch Amazfit T-Rex 2

Jam tangan tangguh untuk kamu yang ingin lancar beraktivitas.

Cara Aman Menghilangkan Lem Kuku
Fun
Cara Aman Menghilangkan Lem Kuku

Lem kuku bisa dihilangkan dengan mudah.

Aksi Solidaritas ARMY Untuk Operasi Bibir Sumbing
ShowBiz
Aksi Solidaritas ARMY Untuk Operasi Bibir Sumbing

Mengajak semakin banyak #TemanARMY memberikan senyuman kepada anak dengan bibir sumbing.