Profil Singkat Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono saat dilantik KSAD Jenderal Mulyono (Foto: tniad.mil.id)

MerahPutih.Com - KSAD Jenderal TNI Mulyono Kamis (22/3) memimpin upacara serah terima jabatan di lingkungan TNI AD. Di antara sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang dilantik tedapat nama Mayjen TNI Eko Margiyono.

Mayjen Eko berdasarkan SK Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapat promosi jabatan sebagai Danjen Kopassus, menggantikan posisi Mayjen TNI Madsuni. Lantas, siapakah Eko Margiyono dan bagaimana perjalanan karirnya sehingga menjadi pemimpin pasukan elite TNI, Kopassus.

Eko Margiyono memiliki latar belakang infanteri. Dengan posisi sebagai komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) sebetulnya bukan tempat baru bagi Eko. Sebab dari awal karirnya di TNI, ia sudah bergabung dengan Kopassus.

Berdasarkan rangkuman merahputih.com dari dari berbagai sumber, Eko Margiyono merupakan alumnus Akademi Militer 1989 dari kecabangan infanteri (Kopassus). Sebelum kembali ke pasukan tempur elite AD itu, Eko sempat menjabat Gubernur Akademi Militer (Akmil). Sebagai pengganti Eko, ditunjuk Direktur Pendidikan Kodiklat TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Eka Wiharsa.

Dalam perjalanan kariernya sebagai perwira TNI, prajurit kelahiran Jawa Tengah, 12 Mei 1967 ini telah menduduki berbagai posisi penting, di antaranya Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Waasops Kasad) pada 2015, dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya pada 16 Maret 2017.

Tak lama kemudian tepatnya pada 27 Oktober 2017, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1989 dari kecabangan infanteri Kopassus itu dipercaya Panglima TNI saat itu Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk menjabat Gubernur Akmil.

Karier pria kelahiran Semarang 12 Mei 1967 ini mulai menanjak setelah menjabat Komandan Group A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada tahun 2010.

Dua tahun kemudian Eko Margiyono mendapatkan kepercayaan sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Kodam Jaya. Sebelum menjabat sebagai Waasops Kasad, Eko sempat menjadi Danrem di Korem 033/Wira Pratama dan Korem 061/Surya Kencana.

Posisi Danjen Kopassus bisa jadi promosi bagi Eko untuk meraih posisi tertinggi lainnya di Angkatan Darat. Dalam tradisi TNI AD, Danjen Kopassus berpeluang menjadi Pangkostrad atau KSAD, jika bintangnya terang.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH