Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2018-19

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 04 Agustus 2018
Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2018-19
Trofi Premier League

MerahPutih.com - Premier League 2018-2019 akan segera dihelat pada pekan depan. Rencananya, laga Manchester United kontra Leicester City, di Old Trafford, Sabtu (11/8) waktu setempat akan menjadi pembuka.

Pada musim ini, Swansea City, Stoke City, dan West Bromwich Albion tidak lagi menghuni Premier League. Ketiga klub tersebut terdegradasi ke EFL Championship setelah tak mampu bersaing dengan 17 klub lainnya.

Bila sedikit menilik perjalanan pada musim lalu, bisa dibilang Manchester City tak memiliki lawan yang sepadan. Sejak awal musim, skuat asuhan Pep Guardiola itu bertengger pada posisi puncak.

Sementara itu, persaingan seru justru terjadi pada zona Liga Champions. Adapun Chelsea dan Arsenal menjadi dua tim yang harus menelan pil pahit setelah tak lolos ke kompetisi paling bergengsi Eropa tersebut.

Dari bursa transfer, seperti lagu lama, klub asal Premier League tak pernah ketinggalan untuk ikut ambil bagian. Contohnya, Liverpool rela menggelontorkan 75 juta pounds demi memboyong Alisson Becker dari AS Roma.

Sementara itu, sang jawara bertahan, Manchester City, memperkuat sektor sayap dengan menggaet Riyad Mahrez. Adapun Manchester United mengamankan gelandang Brasil, Fred.

Namun, jangan lupakan tim promosi pada Premier League 2018-2019. Kendati kehebatannya masih perlu dibuktikan, namun bukan tidak mungkin ketiga klub tersebut akan memberikan kejutan.

Lantas, bagaimana profil ketiga klub promosi tersebut? Berikut ulasannya:

1. Wolverhampton Wanderers

Berdiri: 1877

Kandang: Stadion Molibeux

Manajer: Nuno Espirto Santo

Kapten: Danny Batth

Wolverhampton Wanderers menjadi tim pertama yang promosi ke Premier League 2018-2019. Tiket promosi berhasil digenggam setelah Fulham bermain 1-1 saat melawan Brentford.

Dengan hasil tersebut, posisi Wolverhampton Wanderers pada peringkat dua besar klasemen tak mungkin lagi digusur Fulham.

Keberhasilan tersebut sekaligus mengakhiri penantian Wolverhampton Wanderers selama enam tahun. Terakhir kali Wolves berlaga di Premier League adalah pada 2012.

Wolverhampton Wanderers memang mendominasi EFL Championship 2017-2018. Skuat asuhan Nuno Espirto Santo tersebut mengakhiri kompetisi pada posisi puncak dengan mengoleksi 99 poin dari 46 pertandingan.

Untuk bersaing di Premier League 2018-2019, Wolverhampton Wanderers telah memboyong sejumlah pemain seperti Joao Moutinho, Ruben Vinagre, Leo Bonatini dan Diogo Jota.

Sebelumnya, Wolverhampton Wanderers juga telah diperkuat sejumlah pemain berpengalaman seperti Ruben Neves, Raul Jimenez dan Helder Costa.

2. Cardiff City

Cardiff City

Berdiri: 1899

Kandang: Cardiff City Stadium

Manajer: Neil Warnock

Kapten: Sean Morrison

Cardiff City lolos secara dramatis ke Premier League 2018-2019. Meski hanya bermain 0-0 melawan Reading, kekalahan yang diderita Fulham di kandang Birmingham turut mengambil andil besar.

Satu hal yang menarik adalah, lolosnya Cardiff ke Premier League juga memberikan dampak positif bagi sepak bola Asia Tenggara. Sebab, klub yang diasuh Neil Warnock tersebut diperkuat kiper asal Filipina, Neil Etheridge.

Cardiff menempati posisi kedua EFL Championship 2017-2018 dengan mengoleksi 90 poin. Hasil tersebut didapatkan dari 27 kemenangan, sembilan imbang dan 10 kalah.

Hingga saat ini, Cardiff telah memboyong empat pemain anyar yakni Josh Murphy, Bobby Reid, Greg Cunningham dan Alex Smithies. Namun, melihat materi pemain yang ada, Neil Warnock perlu memutar otak untuk bertahan di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

3. Fulham

Fulham FC

Berdiri: 1879

Kandang: Craven Cottage

Manajer: Slaviša Jokanovi?

Kapten: Tom Cairney

Fulham melenggang ke Premier League 2018-2019 setelah membekuk Aston Villa 1-0 pada laga final play-off Championship, di Wembley Stadium, Sabtu (26/5). Gol semata wayang Fulham dicetak Tom Cairney pada menit ke-23.

Dengan kemenangan itu, Fulham mengakhiri kompetisi dengan menempati posisi ketiga dengan 88 poin. Skuat asuhan Slavisa Jakanovic tersebut unggul lima poin dari Aston Villa yang menduduki peringkat keempat.

Guna menghadapai ketatnya persaingan di Premier League, Fulham telah memboyong Aleksandar Motrovic dari Newcastle United. Sementara itu, Andre Schurrle datang dengan status pinjaman.

Satu di antara rekrutan anyar yang mencuri perhatian adalah Jean Michael Seri. Sebelumnya, pemain asal Pantai Gading tersebut sempat menjadi incaran Barcelona. (*/Bolaskor)

#Premier League
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan