Profil Singkat 3 Anggota Baru Serie A 2022/2023

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 08 Agustus 2022
Profil Singkat 3 Anggota Baru Serie A 2022/2023
Lecce kala menjuarai Serie B (Twitter)

MerahPutih.com - Kompetisi Serie A musim 2022/2023 akan dimulai pada 13 Agustus 2022. Klub-klub papan atas berjuang untuk merebut Scudetto dari tangan juara bertahan AC Milan.

Selain Scudetto, posisi empat besar (zona Liga Champions), serta perjuangan menjauh dari zona degradasi jadi sajian menarik yang dibahas tiap musimnya.

Baca Juga

Ronaldo: Inter dan Juventus Bersaing, Milan Gagal

Serie A musim ini juga kedatangan tiga anggota baru yang promosi dari Serie B. Mereka menggantikan Cagliari, Genoa, dan Venezia yang harus turun kasta dari Serie A.

Ketiga tim itu adalah Lecce, juara bertahan Serie B, diikuti runner-up Serie B Cremonese, dan terakhir pemenang play-off adalah Monza yang promosi untuk pertama kalinya ke Serie A

Cremonese kembali ke Serie A setelah menanti 26 tahun, sementara itu Monza untuk kali pertama bermain di Serie A.

Baca Juga

Cari Pengganti Paul Pogba, Juventus Incar Dua Gelandang Sekaligus

Berikut profil singkat mengenai tiga klub promosi Serie A 2022-2023:

1. Cremonese

Pemain Cremonese. Foto: Twitter/@USCremonese

Stadion: Stadio Giovanni Zini

Pelatih: Massimiliano Alvini

Kapten: Matteo Bianchetti

Penantian 26 tahun Cremonese untuk mentas di Serie A berakhir. Berada di posisi kedua klasemen akhir Serie B musim lalu membuat tim berjuluk La Cremo naik kasta ke Serie A.

Kekuatan Cremonese ada di lini depan, dengan Luca Zanimacchia dan Cristian Buonaiuto menorehkan masing-masing delapan gol. Plus gol bisa tercipta dari banyak arah dengan adanya setidaknya lima permain berbeda mencetak lima gol.

Tanpa adanya pemain yang menonjol dengan kualitas di atas rata-rata, serta fakta permainan mereka yang banyak belum diketahui Serie A, Cremonese bisa jadi kejutan untuk setidaknya merepotkan tim-tim besar.

Pada bursa transfer musim panas sejauh ini Cremonense telah memboyong Charles Pickel, Giacomo Quagliata, Frank Tsadjout, Tommaso Milanese, dan Johan Vasquez.

2. Monza

Pemain AC Monza. Foto: Twitter/@ACMonza

Stadion: Stadio Brianteo

Pelatih: Giovanni Stroppa

Kapten: Mario Sampirisi

Pertama kali promosi ke Serie A sejak didirikan pada 1912 (109 tahun lalu). Monza seringkali berkutat di divisi bawah Italia, tapi sejak diakuisisi Silvio Berlusconi pada 2018 perlahan klub berjuluk I Biancorossi bangkit.

Monza promosi ke Serie B pada 2020 (setelah 19 tahun lamanya) dan dua tahun setelahnya, promosi untuk kali pertama ke Serie A. Perjalanan menarik untuk klub yang pernah dinyatakan bangkrut dua kali.

Datangnya Berlusconi mengubah Monza. Berlusconi, dengan pengaruhnya yang kuat di Italia sebagai eks pemilik AC Milan dan juga mantan Perdana Menteri, mengubah keadaan di Monza.

Pemain satu demi satu datang dari Andrea Ranocchia, Warren Bondo, Alessandro Sorrentino, Pedro Pereira, Michele Di Gregorio, hingga Alessio Cragno.

Bahkan dengan pengaruhnya ada rumor Monza akan merekrut Edinson Cavani hingga bek Arsenal, Pablo Mari.

Monza dilatih eks pelatih Crotone, Giovanni Stroppa, dan mereka memiliki beberapa pemain yang berpengalaman di Serie A. Monza bisa bertahan di Serie A jika memiliki semangat tinggi.

3. Lecce

Skuad US Lecce. Foto: Twitter/@OfficialUSLecce

Stadion: Stadio Via del Mare

Pelatih: Marco Baroni

Kapten: Fabio Lucioni

Setelah dua tahun absen, Lecce akhirnya kembali ke Serie A setelah menjuarai Serie B musim lalu.

Sejauh ini pergerakan mereka di bursa transfer cukup bagus dengan meminjam pemain atau merekrut pemain gratisan.

Gianluca Fraboota, Wladimiro Falcone, Lorenzo Colombo, Federico Di Francesco, hingga Daniel Samek jadi beberapa rekrutan Lecce.

Gelandang asal Brasil, Gabriel Strefezza, menjadi motor serangan Lecce musim lalu dengan catatan 14 gol dan enam assists. Tapi sayangnya top skorer mereka, Massimo Coda, pergi ke Genoa setelah mencetak 20 gol dan memberi delapan assists. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Paul Pogba Terancam Lewatkan Piala Dunia 2022

#Serie A #Liga Serie A #Serie A Italia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan