Profil Shinzo Abe, Mantan Perdana Menteri Jepang yang Ditembak saat Pidato

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 08 Juli 2022
Profil Shinzo Abe, Mantan Perdana Menteri Jepang yang Ditembak saat Pidato
Dokumentasi -- Shinzo Abe, saat masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang di Tokyo, Jepang, 28 Agustus 2020. (ANTARA FOTO/Franck Robichon/ Pool via REUTERS/aww)

MerahPutih.com - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat menyampaikan pidato dukungan kampanye kandidat Partai Demokrat Liberal di Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara, Jumat (8/7) pagi. Ia tercatat dalam sejarah sebagai kepala pemerintahan terlama di Negeri Samurai itu.

Abe menjadi perdana menteri terlama dalam sejarah Jepang, tepatnya selama 2006-2007, kemudian 2012-2014, 2014-2017, dan 2017-2020. Pada periode masa jabatan pertamanya, Abe hanya menjabat selama satu tahun, ia terpaksa mundur dari jabatan karena masalah kesehatan.

Pada periode jabatannya yang terakhir, Abe juga terpaksa mundur sebelum masa jabatannya habis pada September 2020, lagi-lagi karena masalah kesehatan.

Baca Juga:

Identitas Penembak Eks PM Jepang Abe Dirilis, Ternyata Warga Lokal

Shinzo Abe yang lahiran di Kota Shinjuku itu memang sudah memiliki garis keturunan keluarga politikus.

Kakek Abe, Nobusuke Keshi, merupakan mantan Perdana Menteri Jepang pada periode 1957-1960. Sementara ayah kandungnya Shintaro Abe, pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Jepang pada periode 1982-1986.

Adapun Abe memulai perjalanan karier politiknya sebagai anggota parlemen pada Juli 1993 hingga Oktober 1996. Kemudian setelah masa jabatannya usai, Abe diberi tanggung jawab sebagai menteri sekretaris kabinet pada Oktober 2005 hingga September 2006 pada masa pemerintahan mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi.

Baca Juga:

PM Jepang Fumio Kishida Sebut Kondisi Shinzo Abe Kritis

Kemudian Abe menjabat sebagai perdana menteri Jepang pada usia 52 tahun, ia juga tercatat sebagai perdana menteri termuda sepanjang sejarah Jepang setelah masa Perang Dunia II. Meski harus mundur karena masalah kesehatan, namun Abe kembali menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Liberal pada September 2012.

Abe kemudian kembali mencalonkan diri pada tahun yang sama, dan sukses terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang pada Desember 2012 dan terus menjabat selama dua periode hingga September 2020.

Karier politik yang cemerlang itu didukung oleh latar belakang pendidikan Abe yang cukup kuat. Ia lulus dari Universitas Seikei pada 1977 mengambil jurusan Ilmu Politik. Kemudian Abe melanjutkan pendidikannya di Universitas South California pada 1978. (Waf)

Baca Juga:

Polisi Amankan Pria 41 Tahun Diduga Penembak Mantan PM Jepang Abe

#PM Shinzo Abe #Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan