Profil Lima Klub Calon Juara Liga Champions 2018-2019 Trofi Liga Champions

MerahPutih.com - Liga Champions musim 2018-19 akan kembali bergulir pada 18 September 2018 waktu setempat. Sebanyak 32 kesebelasan terbaik di Eropa bersaing memperebutkan trofi "Si Kuping Besar".

Klub-klub asal Spanyol mendominasi Liga Champions dalam lima musim terakhir. Trofi Liga Champions selalu berlabuh ke Real Madrid atau Barcelona.

Situasi tersebut dimanfaatkan oleh LaLiga untuk mengklaim sebagai kompetisi domestik terbaik di dunia. Maklum, klub-klub LaLiga memang rajin lolos ke final Liga Champions.

Premier League yang sempat dicap sebagai liga terbaik pun kalah pamor karena hanya mengirimkan satu wakil ke final dalam lima musim. Liverpool mewakili Premier League pada final Liga Champions musim lalu.

Sementara itu, wakil Serie A dua kali lolos ke partai puncak. Juventus tampil sebagai perwakilan Italia pada final Liga Champions 2014-2015 dan 2015-2017, namun selalu menelan kekalahan dari tim asal Spanyol.

Situasi tersebut membuat klub-klub dari kompetisi lain berusaha meruntuhkan dominasi LaLiga di Liga Champions. Beberapa di antaranya melakukan perombakan besar pada bursa transfer musim panas 2018.

Lantas, siapa saja klub yang berpeluang memenangi Liga Champions 2018-2019? Berikut ini adalah lima tim yang paling berpeluang mengangkat trofi "Si Kuping Besar":

1. Manchester City

Manchester City. Foto: Zimbio

Pep Guardiola menjadi alasan kuat Manchester City untuk memenangi Liga Champions. Bukan tanpa alasan, Guardiola merupakan sosok di balik kesuksesan Barcelona pada masa lalu.

Sempat kesulitan beradaptasi di Premier League, Guardiola menunjukkan prestasi pada musim keduanya bersama Manchester City. Hasilnya, The Citizens memenangi Premier League musim lalu.

Pada musim ketiganya menangani Manchester City, Guardiola diprediksi bisa memenangi Liga Champions. Banyak pihak menganggap kedatangan Riyad Mahrez cukup memperkuat The Citizens.

2. Barcelona

Barcelona. Foto: Zimbio

Terakhir kali Barcelona memenangi Liga Champions pada musim 2014-2015. Setelah itu, rival mereka, Real Madrid, menunjukkan keperkasaan pada kompetisi tersebut.

Banyak yang menganggap Barcelona tengah berada dalam masa transisi. Tak ada lagi sosok seperti Xavi atau Andres Iniesta di lini tengah Blaugrana.

Meski begitu, Arturo Vidal dan Arthur Melo bisa menjadi pengganti kedua pemain tersebut. Selain itu, Barcelona masih memiliki Lionel Messi.

3. Juventus

Juventus. Foto: Zimbio

Dalam sejarahnya, Juventus kerap melaju ke final Liga Champions. Sayangnya, cerita La Vecchia Signora seringkali tidak berakhir dengan manis setelah hanya meraih dua kemenangan, pada 1985 dan 1996.

Dua dekade tanpa trofi Liga Champions tentu terlalu lama untuk Juventus yang mendominasi Serie A. Perombakan besar pun mereka lakukan termasuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Sepanjang bursa transfer musim panas 2018, Juventus menambah kedalaman skuat. Selain Cristiano Ronaldo, I Bianconeri juga merekrut Emre Can dan Leonardo Bonucci.

4. Real Madrid

Real Madrid. Foto: Zimbio

Real Madrid berhasil membuktikan sebagai penguasa Liga Champions sepanjang dekade 2010an. Dalam lima musim terakhir, Los Blancos memenangi empat di antaranya.

Akan tetapi, Real Madrid ditinggal dua sosok penting merajai Liga Champions. Zinedine Zidane memutuskan untuk mengundurkan diri, sementara Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus.

Beruntung Real Madrid masih memiliki pemain sekelas Gareth Bale, Luka Modric, dan Toni Kroos. Selain itu, Marco Asensio juga perlahan mulai bisa diandalkan.

5. PSG

Paris Saint Germain, Foto:REUTERS/Gonzalo Fuente

Menjagokan PSG memenangi Liga Champions mungkin cukup mengherankan. Namun, klub yang bermarkas di Parc des Princes itu memiliki materi yang tidak bisa diragukan.

Lini depan PSG memiliki trio maut Kylian Mbappe, Edinson Cavani, dan Neymar. Sementara itu, mereka memiliki pertahanan solid berkat Gianluigi Buffon, Marquinhos, dan Thiago Silva.

Kedatangan pelatih baru Thomas Tuchel juga menjadi alasan PSG pantang diremehkan. Les Parisien memiliki formula cukup untuk memenangi Liga Champions. (*/Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH