Profil Heru Budi Hartono yang Ditunjuk Jokowi Jadi Pj Gubernur Penerus Anies

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 08 Oktober 2022
Profil Heru Budi Hartono yang Ditunjuk Jokowi Jadi Pj Gubernur Penerus Anies
Kepala Sekretariat Presiden RI (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang terpilih menjadi Penjabat Gubernur DKI Jalarta memberi keterangan kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (

MerahPutih.com - Secara mengejutkan pihak Istana menunjuk Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang habis masa jabatannya 16 Oktober 2022 mendatang.

Penetapan Heru ini hasil rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10).

Heru diputuskan Jokowi sebagai penerus Anies setelah mendengar pertimbangan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan anggota TPA serta menteri terkait.

Baca Juga:

Ketua DPRD Tanggapi Terpilihnya Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies

Dipilihnya Heru ini, mengalahkan dua nama yang dikirimkan ke Jokowi, yakni Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

Nama Heru memang sudah tidak asing lagi di telinga warga Jakarta. Pria berusia 56 ini memang sudah berpengalaman di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dilansir dari laman Jakarta.go.id, Heru mengawali karier di Pemprov DKI sebagai Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara pada tahun 1993.

Heru pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara pada 2008.

Pada 2013, Heru menduduki posisi Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (Kabiro KDH dan KLN) Jakarta.

Masa Gubernur DKI Jokowi, Heru dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Utara dan diamanahi untuk mengurus masalah Taman BMW dan Waduk Pluit.

Baca Juga:

Istana Tetapkan Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI, Anies: Selamat Pak

Di era Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Heru ditunjuk menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

Semakin mentereng, namanya juga sempat masuk bursa calon wakil gubernur untuk mendampingi Ahok kala Pilgub DKI di 2017 lalu. Namun hal itu tak terjadi, Ahok berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat.

Hingga akhirnya Heru ditarik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) pada 2017 hingga sekarang. (Asp)

Baca Juga:

Jadi Calon Pengganti Anies, Heru Budi Disebut Orang Dekat Jokowi

#Breaking #Anies Baswedan #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan