Mengenang Ade Firman Hakim Mengenal profil Ade Firman Hakim, aktor yang dikabarkan meninggal dunia pada Senin (14/9) (Foto: instagram @adefirmanhakim)

KABAR duka datang dari jagat hiburan Tanah Air, aktor Ade Firman Hakim dikabarkan meninggal dunia, Senin (14/9).

Kabar duka tersebut tersebut diketahui dari akun Instagram aktris ternama Happy Salma, yang merupakan sahabat Ade Firman Hakim. Dalam unggahannya, Happy Salma menuliskan pesan-pesan menyentuh untuk mendiang Ade Firman Hakim.

"Dan setelah engkau pergi. Baru terasa penyesalan mendalam. Hanya sedikit perhatian dan waktuku untukmu @adefirmanhakim, terbayang selalu wajah mu yang manis dan teduh. Komentarmu yang selalu positif dan semangat hidupmu yang tinggi. Kamu sabar dan pandai melucu. Kamu ikhlas kalau digoda siapa pun dan selalu tawa yang keluar sebagai balasannya. Secepat itu, semurah itu hidup ini. Karibku, terang jalanmu. Selamat jalan, selamat jalan, Ade. #ripadefirmanhakim," ujar Happy Salma dalam akun Instagram-nya.

Baca Juga:

Bioskop tak Kunjung Dibuka, Obati Kerinduan Nonton Film dengan Layanan Ini

Ade Firman Hakim telah membintangi sejumlah film layar lebar Indonesia. (Foto: instagram @adefirmanhakim)

Ade Firman Hakim ialah aktor Indonesia yang sudah tampi di sejumlah film nasional. Nama Ade mulai dikenal lewat penampilannya dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka pada 2013.

Di sepanjang kariernya, tak kurang dari 13 judul film layar lebar yang telah Ade bintangi, yakni Bebek Belur (2010), Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015), Midnight Show (2016), Kalam Kalam Langit (2016), Ibu Maafkan Aku (2016), Bid'ah Cinta (2017), Night Bus (2017), 22 Menit (2018), #MalamJumat The Movie (2019), dan Kelam (2019).

Aktor berzodiak Libra dan hobi bermain basket ini mengawali kariernya sebagai finalis Abang None Jakarta wilayah Jakarta Barat pada 2008. Saat itu, Ade mendapat gelar Harapan 1. Kemudian Ade sempat bergabung dengan grup Teater Koma.

Karier Ade mulai bersinar usai menjadapat sejumlah job tawaran menjadi bintang iklan dan bermain film. Hingga akhirnya aktor kelahiran 20 Oktober 1988 ini mulai debut di jagat perfilman dengan membintangi film Bebek Belur di 2010.

Baca Juga:

Nike Tebar Inspirasi Semangat Berolahraga Kembali Lewat Film 'You Can't Stop Us'

Setelah film tersebut, ade tampil luar biasa dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka pada 2013. Lantaran akting yang kian memukau, Ade mendapat tawaran di film sejarah Guru Bangsa: Tjokroaminoto karya Garin Nugroho.

Dalam film itu, Ade berperan sebagai tokoh Muso, seorang pemuda yang tergabung di Organisasi Sarekat Islam. Ade membintangi beberapa film di tahun 2015-2017, seperti Ayah Menyayangi Tanpa Akhir, Midnight Show, Kalam Kalam Langit, dan Ibu Maafkan Aku, Bid'ah Cintah, dan Night Bus.

Setelah itu, di 2017, Ade sempat dinominasikan sebagai Pemeran Pembantu Pria Terpuji Kategori Film di Festival Film Bandung. Nominasi itu didapat setelah Ade bermain sebagai Sandra di dalam film Bid'ah Cinta. Namun sayangnya, Ade belum beruntung meraih penghargaan itu.

Kemudian nama Ade Firman Hakim kian dikenal lewat salah satu film Indonesia yang fenomenal yakni 22 Menit. Film tersebut diangkat dari kisah nyata pengeboman di Jalan MH Thamrin pada Januari 2016.

Nama Ade Firman Hakim kian terkenal lewat film 22 Menit. (Foto: instagram @adefirmanhakim)

Dalam film itu Ade berperan menjadi sosok polantas bernama Firman yang ingin dipindahtugaskan ke Sangihe, Sulawesi Utara. Sementara itu, ia memiliki hubungan asmara dengan Sinta dan sudah mau menikah.

Sosoknya Ade sempat menjadi viral lantaran melakukan 'tilang' terhadap Tito Karnavian yang saat itu masih menjabat Kapolri. Namun, itu bukan sungguhan yah, melainkan hanya adegan di dalam film.

Aktingnya yang memukau dalam film 22 menit membuat Ade Firman menuai pujian dari para pencinta film Tanah Air. Setelah film 22 Menit, di tahun 2019 Ade Firman juga sempat memerankan dua judul film lainnya, yakni Malam Jumat The Movie sebagai Mas Tyo, dan Ratu Ilmu Hitam sebagai tokoh Maman. (Ryn)

Baca Juga:

ISFF 2020 Siapkan Hadiah Ratusan Juta untuk Para Pegiat Film Indonesia

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH