Profesi Dadakan Jadi Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia Pekerjaan yang hadir ketika lebaran datang. (Foto: pixabay/jpeter2)

SELAIN menjadi waktu untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada keluarga dan kerabat terdekat, liburan panjang ketika lebaran ternyata juga bisa menjadi mata pencaharian untuk beberapa profesi musiman lho! Dari penukar uang pecahan kecil sampai tukang renovasi rumah, berikut profesi yang biasanya hanya muncul dan malah laris saat Idul fitri atau lebaran di Indonesia.

1. Jasa tukar uang

Profesi Dadakan yang Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia
asa tukar uang kecil pasti dibutuhkan menjelang hari raya lebaran. (Foto: pixabay/emaji)

Mirip dengan tahun baru yang dirayakan etnis Tionghoa, ketika Hari Raya Idul Fitri, biasanya orang-orang dewasa akan membagikan angpau untuk anak-anak ketika berkumpul bersama.

Maka dari itu, secara tiba-tiba akan banyak orang yang menawarkan jasa tukar uang mulai dari pecahan dua ribuan, lima ribuan, sepuluh ribuan, sampai 20 ribuan.

Biasanya mulai muncul pada akhir bulan puasa menjelang lebaran, semakin dekat dengan hari-H, biasanya nilai tukar akan semakin naik.

2. Penjual parsel dan kurirnya

Profesi Dadakan yang Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia
Para penjual kue akan menyediakan berbagai hampers lebaran. (Foto: pixabay/congerdesign)

Nuansa lebaran nampaknya kurang terasa tanpa kehadiran berbagai kue kering seperti nastar, lidah kucing, castangel, dan kembang goyang untuk menjamu para tamu dan keluarga yang berkumpul.

Bagi para penjual kue, pastinya mereka akan dapat banjiran order ketika lebaran. Tidak hanya itu, mereka juga pasti menyediakan hampers khusus lebaran yang dilengkapi dengan harga spesial dan packaging yang sesuai dengan Idul Fitri.

Selain itu, karena hari Lebaran biasanya jasa pengiriman tutup, maka penjual parsel biasanya akan menyewa orang untuk membantu mendistribusikan parselnya ke para pelanggan.

3. Penitipan hewan

Profesi Dadakan yang Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia
Penitipan hewan peliharaan pasti akan penuh menjelang libur. (Foto: pixabay/ree-photos)

Berhubung kebanyakan orang akan pergi mudik ke kampung halamannya, maka biasanya salah satu hal yang dipikirkan adalah siapa yang akan merawat hewan peliharaannya.

Makanya, menjelang libur panjang pasti berbagai pet hotel akan dipenuhi oleh orang-orang yang menitipkan hewan kesayangannya.

4. Jasa online yang semakin diminati

Profesi Dadakan yang Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia
Penyedia jasa online akan semakin diminati karena supir yang mudik. (Foto: pixabay/free-photos)

Berhubung pak supir dan pembantu rumah tangga pulang kampung, maka biasanya yang tinggal di Jakarta akan merasa tidak terbiasa tanpa jasa mereka.

Maka dari itu, mulai dari jasa delivery makanan online, bersih-bersih online sampai supir online pasti menjadi pilihan utama bagi mereka yang malas atau masih belum terbiasa ditinggal pak supir dan mbok dirumah. Apakah kamu salah satunya?

5. Jasa renovasi rumah

Profesi Dadakan yang Laris saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia
Siapa yang suka merenovasi rumah menjelang lebaran_ (Foto: pixabay/3844328)

Karena Idul Fitri merupakan hari kemenangan, maka banyak orang yang beranggapan bahwa tampilan interior atau eksterior yang baru di rumah bisa menjadi salah satu bentuk simbolisnya.

Selain itu, jika rumah mereka akan menjadi tempat keluarga dan kerabat berkumpul, maka tentunya dibutuhkan sedikit nuansa baru setiap tahunnya untuk menyambut kebersamaan ketika lebaran.

Makanya, para penyedia jasa renovasi rumah biasanya dibutuhkan baik untuk mengecat ulang dinding rumah, menata taman, atau mempercantik eksterior rumah. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH