Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali Bir Bintang mendukung penuh Insiatif Pemerintah Bali Demi Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan (Foto: istimewa)

PANDEMI COVID-19 menghentikan banyak hal. Salah satunya pariwisata. Pembatasan kegiatan sosial di sejumlah wilayah Indonesia dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ketika sektor Indonesia priwisata terhenti, sejumlah daerah merasakan dampak. Sebagai kontributor terbesar di sektor pariwisata Indonesia, Bali merupakan salah satu daerah yang sangat terdampak.

Baca Juga:

Gandeng Puluhan Pengrajin Lokal, Bir Bintang Produksi 50.000 Masker untuk Lawan COVID-19

Bali jadi daerah yang paling terdampak.(Foto: pixabay/mdral670)

Untuk mempersiapkan pemulihan kondisi ekonomi Bali, produsen bir, Bir Bintang, hadir memberi dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi Bali. Dukungan itu diberikan dalam pengembangan sistem untuk menciptakan pengalaman wisata yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Sejak Maret hingga Juli 2020, Bali tercatat mengalami kerugian ekonomi senilai Rp48,6 triliun. Kerugian itu merupakan yang terbesar bahkan bila dibandingkan dengan krisis ekonomi 1998 atau aksi terorisme di 2002.

Sementara itu, pada 2019, kontribusi devisa pariwisata Bali mencapai Rp75 triliun atau sekitar 28,9% dari total devisa nasional.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari upaya membangkitkan kembali ekonomi Bali, lewat Dinas Pariwisata Bali, pemerintah menerbitkan standar protokol tatanan normal baru yang wajib dilakukan seluruh lapisan usaha pariwisata di Bali.

Bir Bintang hadir untuk membantu serta mendampingi outlet mitra di Bali.(foto: pixabay/madebynastia)

Untuk mendukung inisiatif tersebut, Bir Bintang hadir untuk membantu serta mendampingi gerai mitra di Bali dalam menjalani proses sertifikasi protokol dari Dinas Pariwisata Bali.

Secara aktif, Bir Bintang menjalin koordinasi dengan Dinas Pariwisata Bali untuk membantu lebih dari 50 gerai di Bali. Bantuan itu berupa pelatihan protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Selain itu, Bir Bintang juga memandu puluhan gerai dalam melengkapi seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi itu.

Inisiatif lainnya, Bir Bintang membuat sebuah situs mikro yang berisi daftar tujuan wisata yang telah tesertifikasi Dinas Pariwisata Bali. Dengan tujuan memudahkan para wisatawan untuk mencari tujuan wisata yang menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Platform itu menyediakan fungsi contact tracing mandiri, sehingga bisa membantu pemerintah Bali untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19. Para wisatawan sudah bisa mengakses platform tersebut mulai November 2020, dengan mengunjungi www.tetapbisa.id.

"Selama puluhan tahun, Bir Bintang telah tumbuh dan berkembang bersama Bali. Kami ingin memberikan kontribusi nyata dan mendukung pemerintah Bali dalam persiapan menghidupkan kembali pariwisata Bali," ujar Head of Marketing Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan.

Baca Juga:

Aliansi Air dan Produsen Bir Gelar Aksi Bersihkan Sungai Sejauh 88 Kilometer

Lebih lanjut Jessica menambahkan, bantuan itu diharapkan dapat membantu gerai mitra Bir Bintang di Bali agar siap menerima wisatawan.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Bali mengundang seluruh lapisan usaha pariwisata di Bali untuk turut mendukung pelaksaan inisiatif itu. "Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Bir Bintang dalam mengakselerasi proses penerapan standar protokol tatanan kehidupan era baru di Bali," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi BaliI Putu Astawa.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali berharap perusahaan lain bisa mengikuti angkah-langkah yang telah dilakukan Bir Bintang dalam membantu Bali agar dapat segera bangkit kembali.

Pendampingan serta pelatihan tersebut merupakan percobaan awal dalam upaya pemilihan pariwisata Bali. Di masa depan, Bir Bintang berencana menjangkau lebih banyak lagi gerai mitra yang tersebar di seluruh Bali. Hal itu guna mempersiapkan Bali menyambut kembali para wisatawan saat pemerintah membuka kembali industri pariwisata di Bali. (Ryn)

Baca Juga:

Ketika Produsen Bir Lindungi Wisata Bali dengan Kampanye Pengelolaan Sampah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ngetop di Manca Negara, Ini Kuliner Khas Nusantara Favorit Banyak Orang
Fun
Tips Tepat dan Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit
Fun
Tips Tepat dan Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit

Perhatikan kesehatan kulit seiring bertambahnya usia.

Sam Mendes Sutradara Banyak Penghargaan
ShowBiz
Sam Mendes Sutradara Banyak Penghargaan

Sam Mendes, sutradara dua dunia.

Detektif Conan akan Hadir Dalam Gim Identity V
ShowBiz
Detektif Conan akan Hadir Dalam Gim Identity V

Identity V merupakan gim mobile yang mirip dengan gim PC Dead by Daylight.

Kota Hantu 'Terlarang' Ini Akan Dibuka Kembali
Fun
Kota Hantu 'Terlarang' Ini Akan Dibuka Kembali

Dilarang untuk umum sejak pembagian pulau Mediterania tahun 1974.

Vintage Abis! Seniman Swedia Buat Toko Vinyl Khusus Tikus
Fun
Vintage Abis! Seniman Swedia Buat Toko Vinyl Khusus Tikus

Dibuat secara khusus untuk tikus oleh AnonyMouse

Michelle Ziudith Kecanduan Boba
Fun
Michelle Ziudith Kecanduan Boba

Aku kalau minum boba bisa empat gelas

Hadir lagi, 'Jendela Anggur' ala Italia
Travel
Hadir lagi, 'Jendela Anggur' ala Italia

Hampir 300 dari jendela di Tuscany telah dikatalogkan.

Liburan Hype 'Starter Pack' Ala Generasi Z
Fun
Liburan Hype 'Starter Pack' Ala Generasi Z

Bawaan dan kegiatan wajib generasi Z saat Berlibur. Apa saja sih?

Setelah Satu Dekade, 'Avatar 2' Resmi Merilis First Look
Fun
Setelah Satu Dekade, 'Avatar 2' Resmi Merilis First Look

20th Century Fox yang baru saja diakuisisi Disney pada 2019 menjadwalkan merilis film Avatar 2 pada 17 Desember 2021