Produksi Rumput Laut Tembus Satu Juta Ton Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

MerahPutih.com - Produksi budidaya rumput laut di Sulawesi Tenggara mencapai satu juta ton lebih pada tahun 2017. Angkat itu meningkat dari produksi tahun sebelumnya.

"Jumlah pastinya produksi budi daya rumput laut itu selama 2017 mencapai 1.004.008,32 ton," kata Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara Askabul Kijo, di Kendari, Selasa (13/2), dilansir Antara.

Ia mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan daripada tahun sebelumnya yang mencapai 912.734,84 ton.

"Sekitar 80 persen dari hasil budi daya perikanan di Sultra merupakan budi daya rumput laut sehingga sektor ini sangat menjanjikan bagi nelayan," katanya.

Ia mengatakan hampir semua kabupaten dan kota di Sultra merupakan daerah produsen rumput laut, di luar Kabupaten Kolaka T8mur yang tidak memiliki wilayah laut.

"Dari 17 kabupaten kota di Sultra, hanya Kolaka tmur yang tidak memiliki wilayah laut. Selebihnya memiliki garis pantai dan merupakan kawasan budi daya rumput laut," katanya.

Dia mengatakan daerah yang menjadi sentra utama produksi rumput laut adalah Kabupaten Konawe Selatan, Wakatobi, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, dan Bombana. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH