Produk Finansial Mana yang Harus Dimiliki? Berikut Pilihannya! Pilihan produk finansial (Foto: Pexels/Pixabay)

ANDA mungkin masih ingat pepatah, 'Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya'. Karena pepatah tersebut, orang tua kita sangat menyarankan agar kita rajin belajar serta berhemat dalam arti lebih rajin menabung agar cepat kaya.

Kini sayangnya, pepatah tersebut sepertinya sudah tidak lagi berlaku. Pasalnya, karena inflasi, uang yang ditabung di bank akan semakin tidak punya nilainya. Hal inilah yang membuat semakin banyak produk finansial yang ditawarkan sebagai pengganti menabung. Yang pasti, menabung bukan lagi cara yang tepat dan bijak jika ingin kaya.

Sayangnya, tidak hanya yang memiliki pengetahuan mengenai produk keuangan. Kebanyakan orang hanya mengetahui investasi. Semakin banyak uang yang diinvestasikan, maka semakin banyak keuntungan yang bakal mereka perolah. Dan di sinilah celah yang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Munculnya kasus investasi bodong menjadi bukti bahwa rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai produk finansial sementara keinginan mereka untuk berinvestasi sangat tinggi.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Tentu saja edukasi. Mereka harus diedukasi agar bijak dalam memilih produk investasi. Setidaknya mereka tidak akan lagi tertipu dengan model investasi bodong.

Produk Finansial yang Harus Dimiliki Generasi Milenial

produk finansial teknology
Ilustrasi fintech

Masih banyak yang merasa investasi itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah berkeluarga. Ini mindset lama. Investasi justru sebaiknya Anda lakukan ketika masih sangat muda.

Tentu saja jenis investasinya berbeda. Tidak semua produk investasi harus Anda miliki meskipun jika itu Anda lakukan bukan hal yang salah. Asalkan Anda punya banyak uang untuk Anda salurkan ke semua jenis investasi. Namun, setidaknya bagi generasi milenial, mereka memiliki dua produk finansial berikut ini.

1. Reksa Dana

Dari sekian banyak produk keuangan yang ada sekarang ini, reksa dana menjadi produk yang paling digemari. Setidaknya ada dua alasan utama. Yang pertama, syaratnya tidak rumit. Tidak banyak yang harus Anda siapkan untuk segera bisa punya berinvestasi di reksa dana ini. Kedua, ini merupakan produk investasi yang bisa diambil kapan saja. Jadi, ketika Anda butuh uang, Anda bisa segera cairkan.

Memang hasil dari investasi reksa dana ini tidak begitu besar. Mungkin ini salah satu kelemahan dari produk investasi ini. Namun, ini menjadi langkah yang bijak bagi generasi milenial yang tidak punya begitu banyak dana untuk diinvestasikan. Jadi, ini bisa diambil sebagai langkah awal dalam memulai berinvestasi untuk masa depan.2. Tabungan Emas

2. Tabungan Emas

Sebenarnya, ini produk finansial konvensional. Produk ini sudah ada sejak dulu. Akan tetapi, ini bukan pilihan yang salah. Kenyataannya banyak perusahaan finansial technology atau fintech yang menawarkan produk tabungan emas. Karena sasarannya adalah generasi milenial, ini ditawarkan secara digital. Anda bisa berinvesatasi di emas secara online.

Nah, kira-kira mana yang akan Anda pilih?

Produk Finansial Untuk Anda yang Punya Keluarga Kecil

produk asuransi
Allianz Indonesia. (Facebook/Allianz)

Bagaimana jika Anda sudah punya keluarga kecil? Anda sudah memiliki keluarga atau bahkan sudah memiliki anak. Meskipun anak Anda masih kecil dan sepertinya belum memerlukan dana yang terlalu banyak, Anda harus siap-siap.

Kondisi ekonomi yang terus bergerak tak menentu membuat Anda harus melakukan perencanaan yang matang untuk masa depan keluarga kecil Anda. Untuk itu, setidaknya tiga produk finansial berikut ini perlu Anda pertimbangkan untuk Anda miliki.

1. Asuransi Pendidikan

Siapa saja pasti lebih memikirkan masa depan si kecil jika sudah berkeluarga. Urusan sendiri sudah tidak lagi menjadi prioritas. Maka dari itu, investasi pendidikan merupakan produk yang sepertinya wajib untuk Anda miliki.

Memang pemerintah selalu berupaya agar biaya pendidikan bisa ditekan. Bahkan, pemerintah tidak berhenti mencoba untuk menggratiskan biaya sekolah. Namun, pada kenyataannya, biaya pendidikan tetap dibutuhkan.

Bahkan, biayanya semakin naik. Karena jika berbicara mengenai pendidikan, ini bukan hanya tentang biaya seperti SPP tapi juga hal-hal lain yang berkaitan seperti biaya les, biaya membelikan peralatan sekolah, dan lain sebagainya.

Jadi, produk asuransi finansial berupa asuransi pendidikan ini harus dijadikan prioritas jika ingin berinvestasi untuk masa depan anak yang lebih cemerlang. Semakin cepat memulai investasi pendidikan, semakin baik untuk masa depan sang buah hati.

2. Dana Pensiun

Salah satu masalah terbesar kurang sejahteranya masyarakat Indonesia adalah karena masih banyak orang yang menanggung kehidupan orang tua mereka. Contohnya saja orang yang baru bekerja tidak hanya harus menanggung keluarganya sendiri tapi juga menaggung kehidupan orang tua. Mereka disebut dengan generasi sandwich, yaitu generasi yang punya beban menanggung kehidupan orang tuanya.

Anda pasti tahu kan banyak sekali generasi sandwich seperti ini? Pokok persoalannya adalah ketidakmampuan orang tua dalam mengatur finansial saat masih muda. Mereka tidak melek terhadap produk finansial.

Tentu Anda tidak ingin membuat anak Anda menjadi generasi sandwich, bukan? Oleh sebab itu, selain mempersiapkan masa depan anak, Anda juga harus persiapkan masa tua Anda. sisihkan dana untuk pensiun Anda dengan cara mengambil layanan pengelolaan dana pensiun.

produk pinjaman online
Ilustrasi asuransi online. Foto: mediakonsumen

3. Asuransi Kesehatan

Ini bukan hanya untuk anak atau Anda saja. Ini untuk seluruh anggota keluarga. Di bandingkan dengan dua jenis produk finansial tersebut di atas, ini yang paling penting. Tidak ada yang ingin sakit. Namun, Anda juga pasti tidak ingin kesulitan membiayai biaya pengobatan ketika Anda tiba-tiba sakit, bukan?

Oleh sebab itu, memiliki asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Anda bisa membeli asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga di Futuready. Anda bisa bebas memilih premi asuransi sesuai dengan kemampuan Anda.

Aneh jika masih ada orang yang tidak tahu mengenai produk keuangan. Ini bukan hanya untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Ini juga sebagai cara agar siapa saja termasuk Anda bisa menikmati kehidupan yang bahagia. Bukankah itu tujuan hidup semua orang? Dan merencanakan keuangan dengan baik dengan memiliki produk finansial yang tepat menjadi cara yang bijak untuk meraih kebahagiaan. (Adv)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
CdM Jadikan Arahan Jokowi Perbaiki Peringkat SEA Games Sebagai Motivasi
Indonesia
CdM Jadikan Arahan Jokowi Perbaiki Peringkat SEA Games Sebagai Motivasi

Jokowi berpesan supaya di SEA Games edisi ke-31 ini ada peningkatan prestasi bagi tim Indonesia

Saran Fraksi PKS untuk Pemerintah Hadapi Omicron
Indonesia
Saran Fraksi PKS untuk Pemerintah Hadapi Omicron

Anggota DPR mengingatkan daya tular COVID-19 varian Omicron sangat cepat sehingga pemerintah perlu mengambil sejumlah langkah.

Mendag Zulhas Siap Bantu Blora Ekspor Briket Arang dan Olahan Kelor
Indonesia
Mendag Zulhas Siap Bantu Blora Ekspor Briket Arang dan Olahan Kelor

Pemerintah terus berupaya menumbuhkan ekonomi, setelah sebelumnya sempat melemah akibat hantaman COVID-19.

Bertambah 36.057 Kasus COVID-19, Wapres: Kita Mulai Masuk Gelombang Ketiga
Indonesia
Bertambah 36.057 Kasus COVID-19, Wapres: Kita Mulai Masuk Gelombang Ketiga

Ma'ruf menyebut, masalah penanggulangan COVID-19 bukan hanya masalah kesehatan. Namun juga masalah agama karena menanggulangi COVID-19 adalah menjaga jiwa atau hifdzu nafs.

Hercules dan Eki Pitung Diangkat Jadi Tenaga Ahli PD Pasar Jaya
Indonesia
Hercules dan Eki Pitung Diangkat Jadi Tenaga Ahli PD Pasar Jaya

Rosario de Marshall atau Hercules dan M Rifky atau Eki Pitung dikabarkan menjadi tenaga ahli di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik DKI Perumda Pasar Jaya.

Orang Tua Keluhkan PPDB, Komisi E Dorong Disdik DKI Bangun Sekolah 8 Lantai
Indonesia
Orang Tua Keluhkan PPDB, Komisi E Dorong Disdik DKI Bangun Sekolah 8 Lantai

Banyak masyarakat yang mengeluhkan mekanisme penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta.

Banting Mahasiswa Saat Demo, DPR Desak Pendidikan Mental Polisi Dibenahi
Indonesia
Banting Mahasiswa Saat Demo, DPR Desak Pendidikan Mental Polisi Dibenahi

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, secara terbuka menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas tindakan kekerasan oknum anggota kepolisian kepada mahasiswa.

Layanan QRIS Bank Jatim Kini Dipakai untuk Pembayaran Tiket Bus AKDP
Indonesia
Layanan QRIS Bank Jatim Kini Dipakai untuk Pembayaran Tiket Bus AKDP

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim menyiapkan transaksi pembayaran digital tiket Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) menggunakan QRIS Bank Jatim.

[Hoaks atau Fakta]: Vaksin AstraZeneca Dibuat Satu Tahun Sebelum Pandemi
Lainnya
[Hoaks atau Fakta]: Vaksin AstraZeneca Dibuat Satu Tahun Sebelum Pandemi

Universitas Oxford bekerja sama dengan perusahaan Inggris-Swedia, AstraZeneca, mengembangkan vaksin COVID-19 bernama resmi AZD1222.

DPR Siap Dialog dengan Buruh dan Mahasiswa Soal Revisi UU Cipta Kerja
Indonesia
DPR Siap Dialog dengan Buruh dan Mahasiswa Soal Revisi UU Cipta Kerja

Pimpinan DPR RI memastikan pihaknya siap berdialog dengan buruh dan mahasiswa dalam proses revisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja). Diketahui DPR melakukan revisi UU Cipta Kerja menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyebutkan UU Cipta Kerja inkonstitusinal bersyarat.