Kecantikan

Pro-Aging, Pendekatan Baru Skincare

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 25 Oktober 2021
Pro-Aging, Pendekatan Baru Skincare
Pro-aging adalah kebebasan untuk membuat pilihan untuk memilih metode perawatan tanpa dikekang standar masyarakat. (imcas.com)

ISTILAH anti-aging telah digunakan di mana-mana dan sangat populer dalam dunia skincare. Namun, belakangan makna anti-aging yang konotatif mulai diperbincangkan. Memang tidak ada salahnya dengan merawat tubuh kita dan ingin terlihat lebih muda, tetapi konsep anti-aging bisa membuat stres. Laigipula, mustahil untuk tetap muda karena kamu tidak dapat membalikkan waktu,

Menurut dermatologists, perawatan kulit terbaik ialah salah satu tindakan pencegahan, menjaga gaya hidup sehat dan mendengarkan perubahan kebutuhan kulitmu. Sejujurnya, produk anti-aging telah menjadi sangat sukses melalui teknik pemasaran yang membuat penuaan tampak seperti tidak pernah terjadi.

Namun, ini bukan berarti kamu harus meniadakan retinol dan bahan anti-aging lain sama sekali. Sebagai gantinya, ahli kecantikan, dokter kulit, dan banyak merek perawatan kulit, sekarang menyerukan mempertimbangkan pendekatan pro-aging, dengan fokus pada dukungan perkembangan alami kulit.

BACA JUGA:

Body Butter dengan Bahan Alami untuk Menjaga Kelembapan Kulit

"Pro-penuaan adalah istilah dan konsep yang berakar pada pendekatan yang jauh lebih positif terhadap proses penuaan," jelas George Baxter-Holder, praktisi perawat estetika di SkinSpirit.

"Kita tidak bisa menghentikan penuaan! Ini adalah bagian normal dan sehat dari kehidupan. Melihat proses penuaan dengan cara yang realistis dan positif serta bekerja dengan pertahanan alami tubuh adalah konsep yang jauh lebih modern," dia menjelaskan seperti diberitakan Real Simple.

Menurutnya, dalam perkembangan pendekatan ini, para pakar mencari perawatan kulit yang tidak lagi invasif untuk mendukung penuaan alami pada kulit, bekerja sama dengan tubuh dan bukan melawannya. Dengan demikian, penampilan yang lebih sehat pun dapat terwujud.

Pro-Aging vs Anti-Aging

skincare
Pendekatan pro-aging fokus pada dukungan perkembangan alami kulitmu seiring bertambahnya usia. (123RF/ferli)

Jadi, sebenarnya apa sih bedanya pro-aging dan anti-aging? Kedua kata tersebut tidak hanya memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, tetapi juga dapat berarti pendekatan yang berbeda untuk formulasi perawatan kulit.

Secara umum, anti-aging adalah pendekatan yang merangsang kulit dan mengganggu untuk mencoba dan menghentikan dan/atau mengembalikan perkembangan alami kulit yang menua. Pendekatan ini biasanya menembus kulit pada tingkat yang lebih dalam menuju dermal/epidermal junction.

Akibatnya, anti-aging lebih mengarah untuk orang yang lebih muda, yang mungkin mendapat manfaat dari aktivitasnya. Sementara itu, "Pro-aging berarti menyeimbangkan dan bekerja dengan tubuh, menggunakan kelembapan, antioksidan, dan pergantian sel untuk menjaga kulit tetap terlihat pada kondisi terbaik," kata Baxter-Holder. Anggap saja seperti suntikan booster perawatan kulit atau sistem pendukung.

"Pro-aging adalah tentang membuat penyesuaian kecil, merestrukturisasi kebiasaan seiring bertambahnya usia, dengan sedikit peningkatan yang stabil dan bertambah dalam jangka panjang," kata Paul Jarrod Frank, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City, AS.
Dia menambahkan, "Regimen pro-aging dasar dan esensialmu sangat mudah: membersihkan, melindungi, dan menghidrasi."

Pro-aging menyentuh topik yang lebih luas. Meskipun kamu mungkin berpikir bahwa anti-aging adalah ide untuk menyembunyikan dan menghilangkan tanda-tanda penuaan—dan pro-aging tentang merangkul tanda-tanda itu, pro-aging juga menawarkan sudut pandang yang lebih holistik.

skincare
Para pakar mencari perawatan kulit yang tidak lagi invasif untuk mendukung penuaan alami pada kulit. (123RF/instaphotos)

"Pro-aging adalah tentang kebebasan untuk membuat pilihan itu dan untuk memilih metode perawatan kulit apa pun yang terasa tepat untuk setiap individu, dan tidak dikekang standar masyarakat," kata Jami Morse Heidegger, pencipta produk skincare mewah Retrouvé.

Pro-aging memberikan pilihan untuk melakukan apa pun yang dirasa perlu untuk rutinitasmu, dan yang paling penting, apa yang diinginkan dan dibutuhkan kulit.

Kamu dapat meruntuhkan rasa malu akan bertambahnya usia, demikian pula tidak ada salahnya untuk terlihat lebih muda. Pada akhirnya, perawatan diri dan perawatan kulit di semua tingkatan adalah tindakan positif.(aru)

BACA JUGA:

Ekpresi Fesyen Jovi Adhiguna Hunter, Perjuangan Mengetengahkan Isu Gender

#Kecantikan #Tips Kecantikan #Kesehatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan