Print 3D Digunakan untuk Lihat Jantung Pasien

Fadhli Fadhli - Rabu, 23 September 2015
Print 3D Digunakan untuk Lihat Jantung Pasien
Contoh print 3D jantung manusia. (Foto: MIT)

MerahPutih Teknologi - Operasi jantung bisa menjadi jauh lebih aman jika ahli bedah dapat melihat dan merasakan langsung apa yang terjadi di jantung pasiennya, sebelum prosedur operasi dilakukan. Oleh karena itu dikembangkan lah teknologi print 3D untuk melihat jantung pasien.

Dijelaskan melalui situs resminya, sekelompok peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan rumah sakit anak Boston mengembangkan sistem baru yang mengandalkan data scan MRI. Data itu kemudian dijadikan cetak biru dan menggunakan printer 3D dibuatkan model jantung pasien.

Ketika anda melakukan scan MRI, mesin mengambil ratusan gambar penampang organ anda. Untuk menciptakan model 3D yang akurat, batas tiap organ harus ditentukan. Ini penting untuk melihat perbedaan tiap bagian, terutama jika pasien membutuhkan operasi karena struktur anatomi yang tidak biasa.

Jika dilakukan pemisahan oragan secara manual, maka akan membutuhkan waktu hingga 10 jam baru bisa melakukan print. Namun sejak peneliti mengembangkan alogaritma yang dapat mempercepat prosesnya, mereka hanya membutuhkan tiga jam sebelum dilakuakn print 3D.

Peanggung jawab pemisahan organ hanya perlu mengerjakan delapan penampang tubuh, sisanya pemisahan akan dilakukan alogaritma tersebut dalam waktu satu jam. Pencetakannya sendiri hanya butuh beberapa jam lagi.

Namun perlu diperhatikan bahwa teknologi ini sangat baru. Tujuh ahli bedah jantung di rumah sakit anak Boston masih harus menilai seberapa bergunanya metode baru ini. Baru-baru ini ahli bedah mereka sudah berlatih membuat cetak 3D pembuluh darah.

Mereka menumukan bahwa cara ini memotong lebih banyak waktu sebelum operasi, membuat mereka memiliki banyak waktu yang sangat berharga bagi pasien.

 

Baca juga:

  1. Drone Ternyata juga Bisa Merakit Jembatan
  2. NASA Luncurkan Program Tur Pluto
  3. Microsoft Band 2 Hadirkan Desain dan Kemampuan Baru
  4. Volvo Buat Robot Pemungut Sampah
  5. Amazon Echo dapat Bacakan Berita Terhangat
#Penyakit Jantung Dan Stroke #3D Printing
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan