Primetime Channels, Layanan TV Streaming dari YouTube

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 04 November 2022
Primetime Channels, Layanan TV Streaming dari YouTube
YouTube saat ini bekerja sama dengan 35 perusahaan layanan streaming video on-demand dalam menghadirkan fitur terbarunya. (Foto: Unsplash/Cardmapr Nl)

YOUTUBE kian mengembangkan sayapnya dalam penyediaan layanan streaming. Setelah berhasil menduduki posisi nomor satu selama bertahun-tahun sebagai platform pemutar video daring terbesar, kini perusahaan berlogo merah itu akan semakin maju lewat layanan tayangan TV streaming-nya.

Mengacu pada laman The Verge, baru-baru ini YouTube mengumumkan bahwa layanan terbaru mereka akan bernama ‘Primetime Channels’. Layanan ini akan membawa ratusan film dan serial dari 35 layanan streaming video on-demand Amerika ke platform YouTube.

Beberapa perusahaan yang telah mulai bekerja sama terdiri atas Showtime, Paramount+, AMC+, Starz, Shudder, Comedy Dynamics, dan Docurama. Selain itu, kanal khusus olahraga seperti NBA League Pass juga dikabarkan akan segera bergabung bersama YouTube dalam waktu dekat.

Baca juga:

Youtube Luncurkan Pemutar Video Bebas Iklan Khusus untuk Konten Pendidikan

primetimechannels youtube

YouTube siap kenalkan fitur layanan terbaru bernama Primetime Channels. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger).

Hal ini tentu saja menjadi terobosan baru karena bisa menyatukan berbagai layanan TV kabel ke dalam satu aplikasi. Fitur baru ini juga berpotensi besar dalam menarik pelanggan baru. Keputusan ini menjadi pilihan YouTube karena pihaknya menyadari betapa maraknya penggunaan Smart TV saat ini.

Menonton berbagai tayangan melalui platform berbeda bisa jadi hal yang menyulitkan pengguna. "Sangat mengesalkan harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk mengelola tayanganmu di seluruh aplikasi,” kata Erin Teague, kepala olahraga, film, dan pertunjukan di YouTube sekaligus pemimpin proyek Primetime Channels," seperti dikutip theverge.

YouTube dapat menyederhanakan segalanya. "Apa yang akan terjadi jika kami menghapus pengalaman itu dan membuatnya nyaman untuk menonton semua konten ini di satu tempat?" tanya Erin.

Karena itulah mereka berusaha mengkurasi berbagai layanan hanya dengan satu jenis langganan atau subscription saja. YouTube berharap layanan ini akan memudahkan penggunanya.

Baca juga:

YouTube Luncurkan Halaman Khusus Untuk Podcast

primetime channels youtube
Layanan ini akan memudahkan pengguna untuk tidak pergi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dalam menikmati tontonan. (Foto: Unsplash/Szabo Viktor)

Saat ini, fitur Primetime Channels baru saja meluncur di wilayah Amerika Serikat. Pengguna bisa mulai mengakses berbagai film dan serial melalui section Movies & TV di aplikasi YouTube.

Selain itu, tayangan ini juga akan muncul melalui laman rekomendasi dan pencarian secara manual. Secara keseluruhan, tayangan ini punya sifat yang sama seperti video umum di YouTube. Kamu bisa memberikan like dan comment. Sesuatu yang berbeda hanyalah tidak adanya jumlah views.

Kehadiran Primetime Channels menjadi sebuah win-win solution. Baik bagi pengguna ataupun perusahaan itu sendiri. Banyak orang kini menonton trailer, cuplikan, dan behind the scene suatu film atau serial di YouTube. Dengan menghadirkan film itu sendiri, pengguna jadi tidak perlu berganti aplikasi secara konstan. (mcl)

Baca juga:

YouTube Sertakan Watermark pada Video Shorts yang Diunduh

#YouTube
Bagikan
Bagikan