Pria Sejati Harus Membantu Teman yang Depresi nasihat antar pria lebih didengar (Foto: Pexels/Pixabay)

PRIA memang kuat dan tangguh dibandingkan perempuan. Tapi ada kalanya pria menjadi lemah. Kesehatan mental mereka bisa terganggu karena beberapa hal. Bahkan karena urusan cinta sekalipun. Pria bisa depresi.

Mengutip laman Men's Health, enggak jarang kasus bunuh diri yang dilakukan pria meningkat. Hal ini membuat betapa pentingnya pria mendapatkan dukungan dari orang terdekat. Terutama bagi sesama teman pria.

Sebuah postingan di Reddit baru-baru ini membicarakan tips mengatasi pria yang tengah dilanda rasa depresi. Rupanya memang penting sebagai pria kamu bisa membantu sesama teman pria yang depresi. Nasihat antar pria lebih didengar.

Pertama, berikan rasa empati kepada temanmu yang depresi. Tapi jangan terlalu empati juga. Karena tanpa kamu sadari kamu bisa seperti menggurui. Ujung-ujungnya kamu malah seperti sombong ketimbang menjadi sosok pemberi nasihat.

Teman dapat membantu melupakan masalah yang terjadi (Foto: Pexels/Matheus Ferrero)

Energi orang yang mengalami depresi seakan terhisap. Mereka lemas dan enggak bisa melakukan apa-apa. Rasanya memang seperti ingin mati. Oleh karena itu, penting jika seorang teman mengajak mereka melupakan masalah yang tengah terjadi.

"Tawarkan untuk pergi bersamanya ke acara jalan-jalan jika dia mau, tetapi sekali lagi, berhati-hatilah untuk menjadi terlalu memaksa," tulis seorang pengguna di laman Reddit.

Baca juga:

Depresi Bisa Bikin Linglung

Penting juga menyuruh orang untuk sabar dalam mengatasi depresi. Karena orang yang depresi hanya terbelenggu dalam satu pemikiran. Ya, pemikiran yang selalu mereka sesali. Tentu sangat sulit untuk melompat keluar dari bingkai pemikiran tersebut.

Kamu harus selalu ada untuk temanmu (Foto: Pexels/Helena Lopes)

kemudian, jangan sekali-sekali memberikan perspektif yang lebih buruk kepada orang depresi. Misalnya dengan mengatakan "Masih banyak lho yang lebih parah dari kamu,". Mengatakan hal itu hanya membuat depresi mereka semakin memburuk. Ditambah mereka bisa bertambah malu.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk mengatasi depresi temanmu ialah dengan selalu hadir untuknya. Selalu sediakan waktu untuk dirinya berbagi curahan hatinya kepadamu. Segelintir nasihat kecil begitu berharga bagi mereka. Asalkan kamu rutin memberikan nasihat seperti itu.

"Satu hal yang tidak akan pernah saya lupakan adalah teman saya meminta saya untuk pergi sarapan setiap Kamis," kata seorang pengguna Reddit lainnya. Intinya, pria yang depresi harus sering-sering ditemani. Jangan biarkan mereka selalu menyendiri. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH