Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Mulut Ketimbang Wanita Pria perokok lebih rentan terkena kanker mulut. (Foto: Pixabay)

DALAM sehari, sekitar 132 orang di Amerika Serikat didiagnosis terkena kanker mulut. Satu penderita kanker juga meninggal setiap jam. Meski tak mengenal jenis kelamin, kanker mulut ternyata lebih senang menggerogoti kaum pria ketimbang wanita.

Sesuai namanya, kanker mulut berkembang di dalam mulut. Misalnya pada bibir, lidah, gusi, dinding mulut dan langit-langit mulut. Sel kanker menyebar ke jaringan di sekitar mulut melallui kelenjar getah bening.

Dibandingkan kanker lain, kanker mulut sebenarnya jarang terjadi. Laman United Concordia Dental melansir kanker mulut hanya 2% dari seluruh kasus kanker yang ada. Kasus kanker mulut di Amerika Serikat umumnya ditemukan pada penderita berusia 62 tahun.

Risiko terbesar muncul pada perokok berat yang gemar mengonsumsi alkohol. Pemicu lainnya ialah paparan sinar matahari, pola makan buruk, infeksi HPV, kebersihan mulut tidak terjaga, penyakit gusi yang tidak segera diobati, mengunyah buah pinang serta penurunan sistem kekebalan tubuh.

Kanker telah lama disebut sebagai silent killer. Kasus kanker mulut di Amerika Serikat umumnya ditemukan pada penderita berusia 62 tahun. Bila kasusnya terjadi akibat merokok, tidak mengejutkan. Perokok biasanya mulai merokok pada usia 20 tahun. Memasuki usia 30 tahun mulai terjadi gangguan Lalu di usia senja kanker menjadi kronis lantaran sel kankernya telah berkembang pesat.

Meski begitu, dewasa muda juga rentan terkena kanker yang dipicu infeksi HPV. Anda perokok berat yang tidak dapat lepas dari minuman beralkohol, khususnya saat nongkrong bersama teman-teman? Kalau begitu, mulai sekarang berhentilah merokok dan minum alkohol. Jangan lupa, rutin menjaga kesehatan gigi juga dapat membuat Anda terhindar dari kanker mulut. (*)

Simak juga artikel Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Waspada Kanker Mulut!



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH