Pria, Kurangi Risiko Terkena Kanker Usus dengan Yogurt Dua porsi yogurt untuk mengurangi risiko kanker usus (Foto: Pixabay/Ponce_Photography)

PENYAKIT kanker usus memang sangat mematikan. Namun, mengurangi risiko terkena penyakit ini cukup mudah. Sebuah studi mengungkapkan cukup mengatasinya dengan mengonsumsi minimal dua porsi yogurt dalam seminggu.

Melansir Daily Mail. para peneliti mengungkapkan dua porsi yogurt cukup untuk mengurangi risiko terkena kanker usus sebanyak 20%. Dibandingkan mereka yang enggak mengonsumsi yogurt sama sekali

Pria yang mengonsumsi yogurt memiliki risiko 26% mengalami penurunan adenoma yang sangat mungkin menjadi ganas. Tim, dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St Louis, Missouri, mengatakan temuan ini mendukung penelitian sebelumnya. Yang menunjukkan bahwa yogurt bisa menurunkan risiko kanker usus dengan mengubah jenis dan volume bakteri dalam usus.

Adenoma, atau polip adenomatosa ialah pertumbuhan abnormal yang terbentuk di lapisan usus besar atau rektum. Pertumbuhan tersebut disebuat pra kanker, yang artinya jika enggak diobati bisa menjadi ganas.

Yogurt bisa mengurangi risiko kenker hingga 20% (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Untuk penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Gut. Tim peneliti melihat diet dan pengembangan adenoma di antara lebih dari 32.600 pria dari Health Follow-Up Study Profesional. Serta lebih dari 55.700 perempuan dari Nurses Health Study.

Health Follow-Up Study Profesional menyelidiki faktor risiko untuk penyakit kronis pada pria. sedangkan Nurses Health Study melakukan hal yang sama untuk perempuan. Semua peserta menjalani endoskopi usus bagian bawah antara tahun 1986 dan 2012.

Baca juga:

Kenali Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Para peserta juga melaporkan diet mereka setiap empat tahun, termasuk berapa banyak yogurt yang mereka makan. Selama masa studi 26 tahun, sekitar 5.800 adenoma berkembang pada pria dan sekitar 8.100 pada perempuan.

Pria yang mengonsumsi dua atau lebih porsi yogurt per minggu memiliki kemungkinan 20% lebih rendah untuk mengalami adenoma konvensional. Dibandingkan dengan pria yang enggak mengonsumsi yogurt.

Manfaat yogurt untuk mengurangi risiko kanker usus hanya berdampak pada pria (Foto: Pixabay/EliasSch)

Sementara itu, pria yang mengonsumsi yogurt juga 26 persen lebih kecil untuk mengalami adenoma yang memiliki risiko lebih besar untuk menjadi kanker.Namun, para peneliti enggak menemukan hubungan antara makan yogurt dan perkembangan adenoma terhadap perempuan.

Meskipun begitu, para peneliti enggak menampik. Bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Untuk membuktikan manfaat yogurt untuk mengatasi kanker usus. Apalagi khasiatnya yang ternyata lebih berpengaruh terhadap pria.

Berdasarkan spekulasi para peneliti. Kemungkinannya pada yogurt mengandung dua probiotik. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, yang bisa menurunkan jumlah karsinogen usus.

Di sisi lain, peneliti juga berpendapat bahwa yogurt mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat bermanfaat untuk 'kebocoran' usus. "Ketika pasien pria dengan adenoma hadir dengan peningkatan permeabilitas usus, yogurt dapat memberi manfaat lebih banyak untuk pria dibandingkan dengan perempian," catat para penulis. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH