Pria Juga Pakai Sunscreen, Kenapa Enggak? Pria harus memahami manfaat tabir surya. (Foto: Pixabay/Pexels)

PEMAKAIAN sunscreen identik dengan perempuan. Produk perlindungan kulit dari paparan matahari ini kurang banyak dikenal oleh kaum pria.

Tapi, apakah pria bisa menggunakan sunscreen? Sebetulnya sebagian pria yang peduli dengan kesehatan kulit dan perawatannya tentu sudah terbiasa dengan sunscreen. Walaupun, wanita memang lebih peduli dengan pentingnya penggunaan produk sunscreen.

Pria juga wajib menggunakan sunscreen setiap hari. Selain melindungi kulit tentunya juga biar awet muda. Berikut merahputih.com sajikan manfaat dan alasan kenapa pria butuh sunscreen, seperti dikutip iStyle;


1. Melindungi Kulit

Pria. Pixabay/Pexels)
Penggunaan sunscreen untuk pencegahan dini penyakit berbahaya. (Foto: Pixabay/Pexels)

Mengunakan sunscreen tidak hanya menghindari kulit terbakar matahari, tapi juga sebagai pencegahan dini terhadap penyakit berbahaya seperti kanker kulit.

Cara yang benar memakai sunscreen adalah 15 menit sebelum terpapar langsung oleh sinar matahari. Dalam waktu itu, sunscreen akan mulai aktif bekerja melindungi kulit.


2. Mencegah Kulit Merah

Sunscreen. (Foto: Pixabay/SonnyBohanan)
Sunscreen mencegah kuliner merah atau terbakar. (Foto: Pixabay/SonnyBohanan)

Berada terlalu lama di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah atau terbakar. Ini terjadi karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru yang berada pada lapisan terluar kulit.

Aplikasikan secara menyeluruh di semua bagian wajah termasuk bawah bibir, belakang telinga, sampai kelopak mata.

3. Mengurangi Komedo

Pria. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)
Memakain sunscreen bisa mengurangi minyak berlebih. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan minyak berlebih dan komedo. Hidung dan dahi adalah area yang rentan dengan masalah kulit ini.

4. Membuat Kulit Lebih Halus

Pria. Foto: Pixabay/Free-Photos)
Produk sunscreen bisa membuat kulit lebih halus. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sinar matahari juga menghilangkan kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun dapat mengembalikan seperti semula.

Pemakaian sunscreen pada wajah setiah hari berguna untuk memperbaiki tekstur kulit yang kasar akibat sinar UV. Baik pria atau wanita pasti ingin kulit senantiasa lembut.


5. Anti-aging

Pria. Pixabay/stevepb)
Pemakaian sunscreen membantu kurangi risiko penuaan dini. (Foto: Pixabay/stevepb)

Penyebab utama terhadap penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen akan membantu kamu untuk mengurangi resiko wajah kusam dan keriput akibat sel kulit yang menua. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Cara Hemat ala Anak Kuliahan Ini Patut Dicoba

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH