Seorang Pria Terima 5 Dosis dari 3 Vaksin COVID-19 Berbeda

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 30 Agustus 2021
Seorang Pria Terima 5 Dosis dari 3 Vaksin COVID-19 Berbeda
Seorang pria membuat kehebohan karena menerima 5 dosis vaksin dalam waktu 10 minggu (Foto: pixabay/alexandra_koch)

PIHAK berwenang di Kota Rio de Janeiro sedang menyelidiki bagaimana bisa seorang pria dikabarkan menerima setidaknya lima dosis dari tiga vaksin COVID-19 yang berbeda, hanya dalam waktu 10 hari.


Menurut sebuah laporan, pria yang tidak disebutkan namanya itu mulai mendapat vaksin COVID-19 pada Mei lalu. Ia kemudian terus mendapatkan suntikan vaksin baru hingga Juni. Layaknya 'maraton'.

Baca Juga:

Dokter Reisa Angkat Bicara Seputar Mitos Vaksin dan COVID-19

Pria itu ditemukan petugas di tempat vaksinasi awal bulan ini, saat ia mencoba untuk kembali mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Menurut catatan media Brasil, pria tersebut sudah mendapatkan 5 dosis vaksin. (Foto: pixabay/wir_pix)

Berdasarkan catatan media Brasil, pria tersebut mendapat suntikan vaksin Pfizer pertamanya pada 12 Mei, lalu dosis kedua AstraZaneca pada 5 Juni, dosis ketiga Coronavac pada 17 Juni, dosis keempat Pfzier lainnya pada 9 Juli, dan dosis Coronavac pada 21 Juli. Namun, belum diketahui dosis keenam yang didapat pria itu.

Awalnya, pihak berwenang setempat percaya bahwa catatan vaksinasi COVID-19 yang membingungkan milik pria tersebut hanyalah kesalahan dari platform daring.

Namun, Globo melaporkan penyelidikan awal oleh Departemen Kesehatan Kota Rio de Janeiro menunjukkan itu bukan kesalahan pendaftaran.

Parahnya lagi, catatan dosis pertama maupun kedua hanya menunjukkan informasi yang diberikan pria tersebut pada petugas, saat dia tiba di tempat vaksinasi.

Dengan kata lain, tidak ada cara untuk mengetahui apakah pria tersebut sudah mendapatkan suntikan vaksin yang pertama, sebelum mendapatkan yang kedua.

"Kasus ini sedang diselidiki untuk mengidentifikasi apakah itu kegagalan untuk mendaftarkan dosis pria itu sebelumnya dalam sistem, atau 'ketidakteraturan' lainnya," jelas Departemen Kesehatan Kota Rio de Janeiro, dikutip Odditycentral.

Baca Juga:

Sejumlah Pengelola Mal Dukung Penuh Aturan Pengunjung Wajib Vaksin

Kondisi pria yang menerima 5 dosis vaksin dikabarkan baik-baik saja dan dalam keadaan sehat. (Foto: pixabay/geralt)

Kabar yang mencengangkan itu muncul ketika Brasil menghadapi kekurangan vaksin dan jutaan orang menunggu untuk mendapatkan dosis pertama mereka.

Kasus pria yang dikabarkan mendapat dosis ketiga itu sudah dilaporkan media Brasil, tapi ini merupakan pertama kalinya seseorang mendapat lima dosis dari tiga jenis vaksin yang berbeda.

Kondisi pria yang identitasnya dirahasiakan tersebut dikabarkan sehat setelah menerima 5 dosis vaksin. Namun, belum diketahui apa terjadi pada pria itu ketika dia mendapat dosis yang keenam. (Ryn)

Baca Juga:

Kominfo Imbau Masyarakat untuk Menyimpan Sertifikat Vaksin dengan Baik

#Viral #Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan