Pria Berwajah Lebar Lebih Berpeluang Selingkuh, ini Alasannya Dipercaya, pria dengan wajah lebar lebih rentan berselingkuh. (foto: Pixabay/vitabello)

ENGGAK cuma mata, wajah juga bisa jadi cerminan karakteristik kepribadian seseorang. Tentu mudah menyipulkan seseorang sebagai pribadi yang ramah atau judes dari penampakan wajahnya. Namun, bagaimana dengan libido? Bisakah wajah menjadi cerminan?

Sebuah penelitian di Kanada yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa mereka yang punya bentuk wajah lebar ternyata memiliki gairah seksual yang lebih tinggi ketimbang mereka yang punya wajah lebih mungil.

BACA JUGA: Sumber Hormon Estrogen Alami Bantu Seimbangkan Organ Reproduksi

Peneliti mengukur lebar wajah seseorang dengan menghitung selisih antara panjang wajah (dari puncak dahi sampai ujung dagu) dan lebar wajah (dari sisi paling ujung kanan wajah hingga ke sisi kiri wajah terdekat dengan telinga).

Hasilnya, semakin besar perbedaan antara panjang dan lebar wajahmu, semakin tinggi gairah seksmu. Secara sederhana, baik pria maupun wanita dengan karakteristik bentuk wajah yang lebih pendek, lebih lebar, dan lebih persegi, disimpulkam memiliki libido tinggi.

Selain itu, penelitian itu juga menemukan bahwa semakin lebar wajah seorang pria, semakin rentan ia berselingkuh.

couple
Lebar wajah memengaruhi produksi hormon. (foto: pixabay/snapwiresnap)

Kesimpulan itu didapat tim peneliti setelah mengumpulkan 145 mahasiswa, yang hampir setengahnya ialah pria. Semua mahasiswa itu tengah menjalin hubungan asmara dengan pasangan masing-masing pada saat penelitian berlangsung.

Tim peneliti kemudian meminta mereka untuk menyerahkan pas foto wajah mereka dan mengisi kuesioner terkait dengan kebiasaan, perilaku, aktivitas seksual, dan gairah seks masing-masing. Setelahnya, mereka juga diberikan pertanyaan seputar pandangan dan sikap mereka terhadap seks bebas dan perselingkuhan.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pria yang memiliki wajah lebar dan persegi lebih rentan tergoda untuk berselingkuh karena gairah seks mereka yang tinggi.

Tingginya gairah seksual berhubungan erat dengan hormon seks testosteron. Semakin tinggi kadar testosteron dalam tubuh, semakin tinggi libidomu.

Peneliti meyakini bahwa orang-orang yang memiliki kadar testosteron tinggi cenderung memiliki wajah lebar dan persegi. Hal itulah yang membuat para ahli berkesimpulan bahwa hormon testosteron juga memengaruhi bentuk wajah seseorang.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk memastikan kaitan antara bentuk wajah dan gairah seksual.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH