Pria, Atasi Kebotakan dengan Diet dan Meditasi Kebotakan bisa diatasi dengan meditasi dan diet (Foto: Pexels/mo alzway)

MENGALAMI kebotakan menjadi masalah setiap pria. Diperkirakan sekitar dua pertiga pria mulai kehilangan rambut saat memasuki usia 30-an. Hal ini membuat banyak pria mencukur rambutnya untuk menutupi rambut yang menipis.

Ada juga yang mencoba melakukan perawatan untuk memperlambat rambut rontok. Masalahnya ada enggak sih cara tepat untuk mengatasi rambut rontok? Memang enggak ada cara khusus. Tapi seenggaknya, diet dan meditasi dapat membantumu mengatasi rambut rontok. Demikian mengutip laman Men's Health.

Dr. Robert Anolik, M.D., ahli dermatologi kosmetik di New York mengatakan kekurangan zat besi menjadi penyebab penipisan garis rambut. Terlebih bagi mereka yang sering mengonsumsi makanan nabati.

Penyebabnya karena jenis zat besi yang ditemukan dalam produk hewani, seperti udang dan telur. Lebih baik diserap dalam tubuh. Namun, kandungan zat besi dari makanan nabati semisal lentil dan bayam, sangat sedikit.

zat besi pada sayuran kurang untuk mengatasi kebotakan (Foto: Pexels/jacqueline howell)

National Institute of Health merekomendasikan bahwa pria dewasa mendapatkan sekitar delapan miligram zat besi per hari. Secara umum, rambut kamu bisa tumbuh kembali setelah kadar besi pulih. Walaupun memerlukan waktu beberapa bulan. Jadi penting banget supaya kamu memerhatikan pola diet kamu.

Stres juga membuat rambut kamu rontok. Sehingga penting sekali untuk kamu mengevaluasi tingkat stres. Sebab, stres pada dasarnya menempatkan folikel rambut dalam tahap 'istirahat' sehingga rambut susah untuk tumbuh.

Baca juga:

Kebiasaan Sepele Ini Membuat Rambut Rusak Saat Cuaca Dingin

Meditasi hanya perlu dilakukan selama beberapa menit (Foto: Pexels/Pixabay)

Kecemasan atau stres juga membanjiri tubuh kamu dengan hormon kortisol. Sehingga bisa membuat kadar hormon lain berfluktuasi. Ini bisa mempercepat proses kebotakan, terutama jika kamu secara genetis memiliki keturunan dengan rambut rontok.

Mengelola stres dapat membantu memperlambat kerontokan rambut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan. Bahkan meditasi hanya perlu dilakukan beberapa menit.

Selain meditasi, mengatasi rambut rontok juga bisa dengan berolahraga. Sebuah studi tahun 2015 di PLOS One menemukan bahwa pria yang lebih tua dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang tinggi. Dapat melepaskan kortisol 42% lebih sedikit sepanjang hari daripada pria yang enggak sehat.

Jadi perhatikan pola diet kamu dan lakukan meditasi ya sahabat Merah Putih. Supaya rambut kamu enggak rontok. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH