Semen Tidak Berpengaruh pada Sperma Air mani deras belum tentu memiliki sperma yang subur (Foto: Pexels/Pixabay)

SEMEN atau air mani terpancar saat pria mengalami ejukalasi. Bahkan, beberapa pria dapat mengeluarkan air mani dengan begitu deras. Tapi masalahnya, derasnya air mani bukan berarti sperma yang dimiliki subur.

Kualitas sperma enggak bisa dipengaruhi dengan derasnya air mani yang keluar. Bahkan, jika ada pria yang mengalami gangguan seksual seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi dini, bukan berarti memiliki sperma yang enggak subur.

dr. Beelonie, BMedSc, SpOG(K),MSc (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Demikian menurut dr. Beelonie, BMedSc, SpOG(K),MSc. "Jadi ada gangguan sperma dan ada juga gangguan seksual. Bisa saja kemampuan berhubungan seksualnya enggak baik tapi spermanya bagus," ujarnya kepada merahputih.com belum lama ini di Jakarta Pusat.

Lantas mengapa derasnya air mani enggak memiliki kaitan dengan kesuburan sperma?

1. Air mani ialah cairan, sementara sperma ialah sel

Sperma dan air mani itu berbeda (Foto: Pexels/GEORGE DESIPRIS)

Dari bentuknya saja sudah beda. Air mani ialah cairan. Sementara sperma ialah sebuah sel. Jadi pada air mani akan hidup sel-sel sperma. Tapi bisa saja pada air mani tersebut enggak terdapat sperma karena pria mengalami gangguan sperma. "Bisa saja air mani deras tapi enggak ada sel spermanya," papar dr. Beelonie.

2. Air mani memberikan kehidupan sperma

Sperma hidup di dalam air mani (Foto: Pixabay/TBIT)

Sperma itu layaknya mahluk hidup. Sel ini harus memiliki lingkungan hidup, dan air mani ialah tempatnya. Jadi sperma hidup di dalam air mani. "Sperma itu perlu lingkungan hidup. Air mani pemberi nutrisi sperma dan membantu gerakannya," tambahnya.

3. Per cc air mani harus mengandung 15 juta sel sperma

Per cc air mani harus mengandung 15 juta sel sperma (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Sperma yang subur atau berkualitas dapat diukur melalui dengan satuan cc . Pada setiap per cc air mani harusnya mengandung minimal 15 juta sel sperma. Kalau enggak, tandanya kamu mengalami gangguan sperma. Bahkan ada juga pria yang enggak memiliki sel sperma pada setiap cc air mani. "Kalau tidak ada spermanya kita sebut azosperma," imbuh dr.Beelonie.

4. Hindari gaya hidup tertentu untuk menjaga kesuburan sperma

Seperti merokok, racun pada rokok dapat merusak kesuburan sperma (Foto: Pixabay/realworkhard)

Ada banyak gaya hidup yang dapat mengurangi kesuburan sperma. Terutama kebiasaan yang dapat meningkatkan suhu di buah zakar, tempat diproduksinya sperma. "Contohnya seperti bersepeda, sauna, dan jacuzzi," ujarnya.

Kamu yang sering menggunakan sepeda motor juga harus berhati-hari. Jok yang panas dapat meningkatkan suhu di buah zakar. Enggak lupa, dr. Beelonie juga menegaskan agar pria berhenti merokok, karena racun pada rokok dapat merusak kesuburan sperma.

Sahabat Merah Putih, jaga selalu kesehatan sperma kamu ya. Agar sperma kamu subur, dan kamu bisa mendapatkan keturunan dengan mudah. (ikh)

Baca juga: Nanas Bikin Rasa Sperma Makin Nikmat?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH