Prestasi-prestasi Irjen M Iriawan Selama Jadi Kapolda Metro Jaya Kapolda Polda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Roda organisasi Polri di Tingkat Perwira Tinggi (Pati) kembali bergerak. Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/1768/VII/2017 tertanggal 20 Juli 2017, posisi Kapolda Metro Jaya yang kini diduduki Irjen M Iriawan akan digantikan oleh Irjen Idham Azis yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kadiv Propam Polri.

Iriawan, lulusan Akpol 1984 itu akan mendapat posisi baru yaitu sebagai Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops). Pria asli Jakarta kelahiran tahun 1962 ini dikenal tegas dan tak pandang bulu. Bahkan, tak jarang sepak terjangnya menimbulkan prestasi dan kontroversi.

Prestasi yang masih segar dalam ingatan adalah damainya sederet aksi unjuk rasa mulai dari 212, 313, dan aksi-aksi lainnya dalam menuntut Basuki Tjahaja Purnama diadili.

Dengan ketegasan Iriawan pula, isu-isu intoleran dapat diatasi. Belum lagi pelaksaan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta berjalan amat sangat kondusif di bawah kendali Iriawan dan jajarannya.

Kasus-kasus narkoba, khususnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya, juga berhasil diungkap. Bersama bekas anak buahnya, Kombes Nico Afinta, Iriawan berhasil membongkar jaringan-jaringan dan bandar narkoba. Terakhir, 1 ton sabu diungkap oleh Iriawan.

Selama menjabat, Iriawan tak lepas dari kontroversi. Baik saat di Polda Metro Jaya ataupun di tempat lain.

Irawan sempat menuai kritik pada medio 2013 saat hendak dipromosikan sebagai Kapolda Jawa Barat oleh Kapolri Jenderal Sutarman.

Iriawan yang saat itu menduduki kursi Kapolda Nusa Tenggara Barat diduga pernah terseret dalam berbagai kasus. Namun, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Iriawan tetap menempati jabatan sebagai Kapolda Jawa Barat. (Ayp)

Baca berita terkait Irjen M Iriawan lainnya di: Kapolda Metro Jaya Dimutasi, Ini Posisinya Yang Baru



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH